Bom Kalajengking Emang Gak Bisa Meledak, Tapi Pernah Jadi Senjata Biologis Kuno Paling Menyiksa Sepanjang Sejarah

Bom Kalajengking Emang Gak Bisa Meledak, Tapi Pernah Jadi Senjata Biologis Kuno Paling Menyiksa Sepanjang Sejarah

Kita gak bisa bandingkan gimana kekuatan militer jaman dulu dan sekarang. Gak imbang lah. Soalnya jaman dulu orang-orang masih memanfaatkan teknologi seadanya untuk menggempur pertahanan musuh.

Tapi jangan heran kalo di jaman dulu pertahanan sebuah pasukan militer bisa dibikin kocar-kacir dengan teknologi ala kadarnya. Senjatanya mungkin sederhana, tapi bisa sangat menyiksa.

Salah satu senjata paling ampuh di jaman kuno dulu adalah bom kalajengking. Bom ini kedengeran sepele dan bahkan gak bisa meledak. Tapi jangan main-main sama dampaknya yang dahsyat.

Bom kalajengking emang sangat menyiksa dan mengerikan (indozone.com)

Bom kalajengking sendiri dikenal sebagai salah satu senjata biologis yang terkenal. Konon, bom kalajengking telah digunakan orang-orang hampir 2.000 tahun silam.

Para ahli menduga bahwa sebuah kerajaan gurun kecil di Asia Tengah menggunakan bom tembikar. Tembikar itu diisi dengan serangga yang bisa menyengat atau kalajengking berbisa.

Gunanya jelas untuk menangkal serangan dari luar. Khususnya serangan dari pasukan Romawi yang datang untuk memperluas wilayah kekuasaan Kekaisaran Romawi.

Pada abad kedua silam, penduduk kota benteng bernama Hatra berhasil menahan pasukan Romawi. Penduduk Hatra, yang kini disebut Irak itu, berhasil menahan gerak pasukan Romawi dengan melempar pot-pot penuh kalajengking mematikan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"