BKKBN, Adinkes, dan HIPPG Berikan Penghargaan 12 Inovasi Pencegahan Stunting

BKKBN, Adinkes, dan HIPPG Berikan Penghargaan 12 Inovasi Pencegahan Stunting

Pemberian penghargaan dilakukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia (Adinkes) dan The Habibie Institute For Public Policy and Governance (HIPPG) kepada beberapa pihak terkait penghargaan inovasi pencegahan stunting.

Hasto Wardoyo selaku Kepala BKKBN menganggap inovasi ini menjadi hal penting untuk dapat mencapai dan mempercepat penurunan fenomena stunting di Indonesia.

Dirinya berharap dengan inovasi-inovasi ini dapat menghasilkan revolusi perubahan cara berpikir penurunan stuntung di daerah-daerah.

"Saya senang sekali pada kesempatan kali ini karena banyak sekali inovasi-inovasi yang membawa perubahan yaitu menjadi perubahan untuk mengubah tatanan, kemudian ada cara-cara baru," kata Hasto dalam acara anugerah Inovasi Cegah Stunting yang disiarkan virtual, Kamis, 25 November.

Melihat adanya inovasi ini, Hasto sangat optimis bahwa amanat dari Presiden Joko Widodo untuk menurunkan angka stunting 14 persen di tahun 2024 bisa tercapai.

"Saya berharap kegiatan-kegiatan apresiasi seperti ini bisa secara periodik dilakukan dan saya berharap kepala-kepala daerah juga melakukan kegiatan apresiasi. Barangkali di tingkat lokal, kabupaten/kota, maupun provinsi, berilah penghargaan kepada mereka-mereka yang sudah bekerja," jelas Hasto.

Selain itu, Direktur Eksekutif HIPPG FIA UI Widya Leksmanawati Habibie menjelaskan bahwa ada 185 peserta yang mengikuti seleksi inovasi cegah stunting ini. Pengiriman proposal inovasi ini tersebar di 95 kabupaten/kota di 26 provinsi, dengan 6 pilihan kategori.

Provinsi yang mengirimkan proposal terbanyak dari Jawa Tengah yaitu dengan 31 proposal. Kabupaten/kota yang mengirimkan proposal terbanyak dari Kota Kendari dengan 13 proposal.

"Semua proposal yang masuk cukup inovatif dan kreatif, sehingga tim juri sangat sulit menentukan inovasi yang terbaik. Berdasarkan kriteria penilaian, akan dipilih 12 kombinasi yang akan memperopeh penghargaan yang terbaik," ucap Widya.

Berikut adalah penerima penghargaan Inovasi Cegah Stunting:



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"