Bikin Ngiler Aja, Ternyata Segini Besaran Gaji Pilot di Indonesia

Bikin Ngiler Aja, Ternyata Segini Besaran Gaji Pilot di Indonesia

Pilot  sejak dulu menjadi salah satu profesi yang menjanjikan karena memiliki gaji besar. Meski bergaji besar, para pilot memiliki tanggung jawab membuat penumpang pesawat selamat sampai tujuan. 

Dilansir dari Suara, gaji pilot di Indonesia memang beragam. Untuk maskapai sekelas Lion Air dikabarkan mencapai kisaran Rp 10 juta – Rp 20 juta. Sementara pilot maskapai besar seperti Garuda Indonesia mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 70 juta.

Menurut situs resmi Gramedia, gaji pilot per bulan tidak jauh berbeda dengan pilot di negara lain seperti Amerika Serikat. Gaji pilot domestik sekitar 1.500 dollar AS per bulan atau sekitar Rp 21 juta – Rp 54 juta atau gaji per tahun setara dengan Rp 290 juta hingga Rp 581 juta.

Bikin Ngiler Aja, Ternyata Segini Besaran Gaji Pilot di Indonesia (Kompas.com)

Dalam sebulan pilot memiliki waktu bekerja selama 75 jam di udara dan 150 jam di darat. Saat berada di darat, pilot tetap membutuhkan pelatihan mulai dari simulasi penerbangan, pemeriksaan pra penerbangan, dan perjalanan dari hotel ke bandara.

Saat pilot bekerja sudah pasti akan meninggalkan keluarga selama beberapa hari. Kadang pilot merasa rindu karena lama tak bertemu keluarga. Meski  begitu pilot akan bekerja dengan profesional.

Nominal gaji pilot kemungkinan akan bertambah karena akan mendapatkan tambahan selama periode pelatihan atau upah harian. Bahkan bisa juga pilot akan mendapatkan uang bonus dari maskapai penerbangan tempatnya bekerja.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"