Bikin Geleng-Geleng, Ini Olahan Urin dan Tinja yang Kelewat Nalar~

Bikin Geleng-Geleng, Ini Olahan Urin dan Tinja yang Kelewat Nalar~

Kalau bahas tentang tinja dan urin pastinya itu adalah sesuatu yang jorok dan menjijikan dalam fikiran kalian kan? Ya itu normal-normal aja sih.

Namun ternyata tinja dan urin milik hewan tertentu bahkan juga manusia ternyata memiliki manfaat lho gengs.

Banyak hal yang takpernah terpikir oleh kita, namun ternyata sudah ada yang memanfaatkanya. Kira-kira apa aja? Yuk kita kepoin ulasanya d sini.

1. Kotoran jadi Bahan parfum

1. Kotoran jadi Bahan parfum Kotoran jadi Bahan parfum (Racked.com)

Kotoran atau tinja yang dikeluarkan oleh ikan paus ternyata bisa menjadi bahan parfum yang mahal lho gengs. Dari tinja ikan paus itulah tubuh bisa wangi, kok bisa?

Ikan Paus dapat mengeluarkan kotoran berupa lemak dan berbau tak sedap yang bernama ambergris. Meskipun awalnya ambergris berbau tak sedap, ternyata kandungan itu dapat membuat aroma parfum menjadi lebih tahan lama.

2. Air kencing jadi pewarna

2. Air kencing jadi pewarna Air kencing jadi pewarna (bergerpaints.com)

Tahu kah kamu? Pada Kitab Perjanjian Baru dari zaman Byzantine yang berusia 1.500 tahun memiliki lembaran yang berwarna keunguan dan ditulis dengan menggunakan tinta emas serta perak. 

Warna ungu yang menghiasi halaman kitab tersebut dihasilkan dari jamur yang bernama Roccella tintoria dan kemudian difermentasikan dengan menggunakan air kencing alias urine.

Pastinya kalian berfikir itu hal yang menjijikan, tapi di abad ke-15 sampai 18, hal itu di anggap wajar, karena emang bahanya dari itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"