Berikut 5 Makam yang Sering Didatangi Pejabat Karena Dianggap Keramat, Ada di Mana Aja Ya?

Berikut 5 Makam yang Sering Didatangi Pejabat Karena Dianggap Keramat, Ada di Mana Aja Ya?

Banyak umat Islam di Indonesia yang gemar melakukan ritual ziarah makam keramat. Terutama di momen menjelang bulan Ramadhan. Tak jarang, kuburan biasanya ramai pengunjung ketika momen tersebut tiba.

Tak hanya makam keluarga atau leluhur, banyak orang bahkan berziarah dan mendoakan arwah orang-orang yang dianggap saleh.

Uniknya, selain di momen itu, banyak juga orang yang melakukan ziarah makam keramat. Terutama saat menjelang pemilihan kepala daerah atau pemimpin negara. Mereka biasanya melakukan ziarah untuk mengirimkan doa meminta keselamatan.

Berikut 5 makam keramat yang sering dijadikan tempat ziarah pejabat:

1. Makam Al-Habib Husein, Jakarta Utara

Makam Al-Habib Husein, Jakarta Utara (liputan6.com)

Al-Habib Husein merupakan seorang tokoh yang diyakini turut menyebarkan ajaran agama Islam di Jakarta. Para peziarah yang datang biasanya memohon keselamatan, kesembuhan, sampai kenaikan pangkat.

Beberapa tokoh penting seperti Soeharto, Adam Malik, Gus Dur, sampai Susilo Bambang Yudhoyono pernah datang ke makam Al-Habib Husein.

2. Sunan Ampel, Surabaya

Sunan Ampel adalah salah satu Wali Songo yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Ia merupakan tokoh relijius yang membantu menyebarkan agama Islam di Jawa. Beberapa politikus seperti Gus Dur dan Prabowo Subianto pernah ziarah ke makam keramat ini.

Sunan Ampel mencetuskan istilah "Moh Limo" yang menjadi prinsip kehidupan. 5 isi dari Moh Limo antara lain: tidak berjudi, tidak mencuri, tidak mabuk, tidak berzina, tidak melakukan perbuatan yang dilarang agama.

3. Makam Ki Ageng Sela, Solo



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"