Berdasarkan Penelitian, Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Mengubah Kebiasaan

Berdasarkan Penelitian, Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Mengubah Kebiasaan

Namanya juga udah kebiasaan, gak bisa dihilangkan.

Pernah denger orang ngomong kayak gini? Pernyataan iti ternyata gak bener dan menyesatkan. Kalau orang mau berubah lebih baik, dia pasti bisa. Asalkan konsisten melakukan hal yang sama dan berulang-ulang. Nah, kalau doi udah kebiasaan bohong, dan gak berubah juga, berarti dia yang gak niat.

Udah, cari cowok yang lebih baik aja. Eh.. hehe..

Berubah bisa cepat tergatung dengan niat (delta-13.com)

Balik lagi sama topik, berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengubah kebiasaan nih. Ternyata kebiasaan lama bisa hilang dalam waktu 66 hari. Ii berdasarkan penelitian ilmiah. Bukan tebak berhadiah.

Dilansir dari Kompas.com, pernyataan itu berdasarkan penelitian terbaru dari University College London, Inggris. Penelitian ilmiah yang melibatkan 96 orang itu berlangsung selama 12 minggu. Hasilnya setidaknya membutuhkan waktu 66 hari untuk menghilangkan kebiasaan lama.

Kalau dulu nih katanya waktu yang dibutuhkan untuk mengubah kebiasaan adalah 21 hari. Ini berdasar penelitian yang udah jadul banget. Di era tahun 1960. Kalau penelitian terbaru di atas dialkukan tahun 2009.

Ternyata semakin lama ya waktu yang dibutuhkan untuk mengubah kebiasaan daripada jaman dulu.

Lakukan dengan konsisten (indiatimes.com)

Berapa lama kebiasaan bisa diganti sama yang baru ini juga bergantung dengan jenis kebiasaan dan tipe orangnya. Jangka waktunya mulai dari 18 hingga 254 hari. Mungkin kalau ngilangin kebiasaan stalking mantan butuh waktu yang 254 hari ya gengs. Susah move on. Heuheu... Jauh di mata masih serasa dekat aja di hati. Padahal dia udah punya gebetan baru.

Psikolog Timothy Pycyl menjelaskan menghilangkan kebiasaan lama berarti harus digantikan dengan kebiasaan baru. Biar mudah melupakan mantan berati butuh gebetan baru. Gitu lo gengs.

Ia mengatakan bahwa jauh lebih mudah untuk membuat sebuah kebiasaan baru, dibanding menghilangkan kebiasaan lama. Agar waktu yang dibutuhkan untuk mengubah kebiasaan lama semakin cepat, fokus saja melakukan kebiasaan yang beru. Jangan berhenti di minggu kedua dan ketiga. Lakukan terus dan berulang-ulang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"