Bener Nggak Sih Mendengar Lagu Galau Pas Patah Hati Bikin Lega?

Bener Nggak Sih Mendengar Lagu Galau Pas Patah Hati Bikin Lega?

Patah hati, terus dengerin lagu galau. Emang bener ya bisa membuat hati kita lega pas lagi patah hati?

Perasaan sedih karena putus cinta memang hal yang wajar dialami semua orang. Karena itu, mereka yang lagi patah hati sebaiknya sih mencari hiburan yang tepat biar gak terus-terusan terjebak dalam situasi tersebut.

Namun, anggapan itu juga dilawan dengan anggapan lain yang menyebut bahwa saat patah hati kita sebaiknya ikut larut pula dalam kesedihan. Semakin larut, semakin cepat pula waktu yang dibutuhkan untuk bangkit dari keterpurukan itu (*tsahhh).

Dengerin lagu galau pas patah hati? Coba deh (milady.cengage.com)

Dua anggapan tadi sah-sah aja sih. Oleh karena itu, banyak juga kok orang yang memilih untuk mendengarkan lagu, terutama yang galau. Tujuannya agar bisa menikmati proses sakit hati itu dan berubah menjadi semangat baru.

Situs Yourtango.com pernah melaporkan bahwa semakin seseorang larut dalam kesedihan sambil mendengarkan lagu galau, maka mereka semakin mudah juga untuk bangkit dan merasa lega.

Di samping itu, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Scientific Report menyebutkan bahwa menangis saat mendengarkan lagu sedih bisa membuat perasaan seseorang terasa lebih lega. Mendengarkan lagu sedih juga bikin perasaan jadi lebih tenang.

Lagu sedih akan bikin perasaan kalian tenang pas patah hati (travelandleisure.com)

Bahkan, mendengarkan lagu sedih juga membuat seseorang merasa lebih kuat dari sebelumnya. Hmm ....

Liila Tarufii, seorang peneliti dari Freire Universitat di Berlin, Jerman, mengungkapkan bahwa lagu galau tuh memberikan dampak positif secara psikologis bagi seseorang setelah patah hati.

"Orang-orang yang mendengarkan lagu sedih akan merasa nyaman dan tenang dalam menghadapi perasaan galaunya. Ia bisa merasa lebih lega setelah mendengarkan lagu galau dan menangis," kata Liila.

Ambil gitar, nyanyiin lagu galau, semoga hilang sedihnya (shutterstock.com)

Tangisan karena kesedihan yang muncul setelah patah hati merupakan sesuatu yang wajar terjadi. Yang pasti, sebaiknya kita tidak berlarut-larut dalam kesedihan itu. Apalagi sampai hanyut hingga terjebak di dalamnya.

Sejauh ini, memang ada banyak sekali lagu-lagu bertema cinta. Rata-rata dari lagu-lagu bertema cinta selalu memasukkan unsur 'semangat' di dalamnya. Tapi kurang lebih, ada semangat saat cinta sedang indah-indahnya dan ... ada juga yang bikin kita semangat untuk move on.

Siapa tau ketemu gantinya nanti (edmtunes.com)

Maka dari itu, mendengarkan lagu-lagu galau atau sedih demi membuat perasaan jadi lebih lega nggak ada salahnya kok untuk dicoba. Pokoknya, kalian harus bsia bangkit setelah situasi nggak asik itu terjadi.

Lagu dari ST12 "Cari Pacar Lagi" mungkin bisa membantu kalian untuk lebih semangat cari pacar lagi nih setelah putus cinta atau patah hati nih, hehehe.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"