Benarkah Nenek Moyang Orang Madagaskar Itu Asalnya dari Indonesia?

Benarkah Nenek Moyang Orang Madagaskar Itu Asalnya dari Indonesia?

Kalau kalian percaya bahwa nenek moyangku seorang pelaut, kalian mungkin akan bertanya-tanya mereka ini pelaut yang seperti apa. Apakah hanya nelayan kecil yang menyusuri pantai-pantai Nusantara, atau penjelajah antar benua? 

Ahli arkeologi percaya yang kedua. Pelaut Nusantara di sekitar tahun 1200an sudah berlayar sangat jauh ke penjuru dunia. Mereka telah mencapai Madagaskar yang berjarak 8000 kilometer dari kepulauan Nusantara.

Selain untuk menemukan tempat baru, para pelaut ini juga berdagang dengan penduduk setempat. Beberapa diantaranya memilih untuk menetap di pulau selatan benua Afrika tersebut dan membaur dengan masyarakatnya.

Nenek moyang Madagaskar berasal dari Nusantara (voanews.com)

Meski sudah berlangsung ratusan tahun yang lalu, ternyata masih ada jejak yang bisa ditemukan saat ini. Semisal dari kemiripan yang ada di masyarakat Madagaskar, dan kemiripan ini bukan sebuah kebetulan mengingat hal tersebut tak sedikit.

Kemiripan Fisik

Orang Madagaskar ternyata memiliki perawakan yang lebih Asiatik jika dibandingkan dengan sebagian besar penduduk Afrika, terutama wilayah tengah atau selatan. Atau lebih tepatnya percampuran antara negroid dengan mongoloid.

Selain berwarna kulit cenderung lebih terang, rambut orang Madagaskar juga tidak sekriting tetangganya di Afrika. Tetapi juga tidak selurus orang Asia. Kebanyakan ikal atau bergelombang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"