Belajar tentang Kyriarki, Sebuah Sistem Sosial yang Ada Hubungannya dengan Feminisme

Belajar tentang Kyriarki, Sebuah Sistem Sosial yang Ada Hubungannya dengan Feminisme

Jika kamu familiar dengan feminisme, kamu pasti pernah mendengar istilah patriarki. Sebuah tatanan sosial yang mengutamakan pria dan menindas wanita. Ini adalah istilah yang berguna karena memberi nama pada pelembagaan hak istimewa laki-laki.

Tetapi feminisme telah berubah dari hanya mementingkan hak istimewa laki-laki. Sebab saat ini, penindasan terjadi pada siapa pun, tak hanya pada wanita oleh pria. 

Sebuah titik temu feminisme memberi tahu kita bahwa penindasan datang dalam berbagai bentuk. Kita dapat secara bersamaan diistimewakan dan ditindas oleh berbagai aspek identitas kita.

Misalnya, seseorang dapat diistimewakan oleh fakta bahwa mereka beragama, berpendidikan, kurus, dan putih, sementara ditindas oleh fakta bahwa mereka aneh, cacat, dan perempuan.

Gita Savitri suarakan Kyriarki di Instagramnya (instagram.com)

Karena itu, kita membutuhkan sebuah kata untuk menggambarkan tatanan sosial yang kompleks yang membuat penindasan yang saling berpotongan ini tetap ada.

Kyriarki adalah kata yang tepat untuk konsep ini. Kata ini lebih sejalan dengan feminisme interseksional, dan tidak serumit kata patriarki.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"