Bekal Ramadan: Mudik Lebaran Pakai Mobil? Wajib Lakukan 5 Hal Ini Demi Pulang Kampung Aman

Bekal Ramadan: Mudik Lebaran Pakai Mobil? Wajib Lakukan 5 Hal Ini Demi Pulang Kampung Aman

Tradisi mudik Lebaran menjadi momen yang paling dinanti umat Islam untuk merayakan kemenangan setelah melalui proses penyucian diri selama 1 bulan. Momen ini juga jadi kesempatan untuk bersilaturahmi dengan keluarga tersayang. 

Di momen itu juga akan ada momen sakral yaitu saling bermaafan diantara keluarga baik yang tinggal berdekatan maupun yang berjauhan di kampung halaman. Khusus bagi mereka yang punya keluarga dan sanak saudara di luar kota, terdapat tantangan mudik tersendiri.

Diperlukan persiapan ekstra dalam hal tenaga maupun biaya. Bagi mereka yang akan menggunakan kendaraan pribadi juga perlu mempertimbangkan persiapan tambahan demi keselamatan. Sebab, keselamatan diri merupakan hal yang utama.

Kendaraan pribadi memang masih jadi salah satu moda transportasi favorit pemudik saat melakukan perjalanan mudik dari kota menuju kampung halaman. Agar perjalanan mudik lancar, pemudik diimbau untuk memperhatikan sejumlah tips berikut ini!

1. Siapkan Surat Dan Dokumen

Ilustrasi Surat Dan Dokumen Kendaraan (Pasar Mobil)

Ada dua dokumen wajib yang harus dibawa setiap berkendara kemananpun yakni Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM). Dokumen itu pun harus dalam keadaan aktif agar tidak mendapat surat tilang saat ada pemeriksaan. Selain itu, pastikan membawa asuransi kendaraan untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi di perjalanan.

2. Persiapkan Fisik dan Mental

Perjalanan jauh yang membutuhkan waktu berjam-jam pasti bisa membuat kondisi tubuh menurun. Maka dari itu, pastikan seluruh anggota keluarga berada dalam kondisi sehat dan tidur cukup beberapa hari sebelum berangkat mudik. Siapkan pula segala obat-obatan pribadi dan letakkan di tempat yang mudah terjangkau di dalam mobil.

Selain itu, kondisi mental pengemudi juga harus menjadi prioritas utama. Sebab, kondisi mental sangat berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi saat berkendara. Disarankan untuk keluarga atau teman seperjalanan bisa mengajak ngobrol dan menanyakan kondisi pengemudi selama perjalanan.

3. Lakukan Perawatan Pada Mesin Mobil



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"