Begini Teori Baru Yang Bahas Soal Awal Mula Bumi Bisa Muncul

Begini Teori Baru Yang Bahas Soal Awal Mula Bumi Bisa Muncul

Dalam ilmu sains, manusia tidak akan bisa hadir di Bumi jika organisme pertama tidak hidup pada miliaran tahun lalu. Pertanyaan mengenai hal tersebut seringkali membuat banyak ilmuwan yang terkagum-kagum.

Sebuah penelitian baru menjelaskan kondisi Bumi saat zaman purba. Penelitian tersebut mengidentifikasi mengenai campuran garam yang menyatu dengan aliran panas dari batuan cari. Nah, campuran inilah yang kemudian berpotensi dalam pembentukan biomolekul yang mereplikasi diri.

Ilustrasi bentuk bumi (via detik.com)

Replikasi diri inilah yang menjadi bagian hipotesis ‘dunia RNA’, yaitu gagasan soal asam ribonukleat (RNA) yang menyimpan informasi biologis, sekaligus melakukan pelipatan struktur yang dibutuhkan kehidupan agar bisa tumbuh seperti sekarang.

Dikutip dari Science Alert, para ilmuwan melihat adanya campuran Magnesium (Mg) dan Natrium (Na) seperti yang terjadi di Bumi pada tahun-tahun awal kemunculannya.

Di samping itu, perlu juga konsentrasi ion magnesium yang bermuatan ganda, serta konsentrasi yang lebih rendah natrium bermuatan tunggal.

"Oleh karena itu, muncul pertanyaan tentang lingkungan mana di awal Bumi yang mungkin menyediakan kondisi garam yang cocok untuk proses prebiotik semacam itu. Salah satu proses yang mungkin secara geologis menghasilkan lingkungan salin adalah pencucian garam dari basal," tulis peneliti dalam laporan studi mereka.

"Sebagai pencairan sebagian utama mantel Bumi, basal adalah salah satu jenis batuan yang paling melimpah yang ada di kerak awal Bumi, serta kerak planet terestrial lainnya di Tata Surya kita," kata peneliti.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"