Astronom Mengaku Temukan Jenis Bintang Baru yang Sampai Saat Ini Masih Menjadi Misteri Sains

Astronom Mengaku Temukan Jenis Bintang Baru yang Sampai Saat Ini Masih Menjadi Misteri Sains

Para astronom mengaku jika mereka telah menemukan jenis bintang baru, yang termasuk peristiwa langka dan masih menjadi misteri hingga saat ini.

Fenomena kosmik ini mencakup dalam produk sampingan dari gas helium yang sebelumnya terbakar di luar angkasa. Hal ini pun diduga merupakan hasil dari penggabungan para bintang.

Biasanya, bintang normal memiliki permukaan yang terbuat dari hidrogen dan helium. Namun bintang baru ini punya permukaan yang dilapisi karbon dan oksigen. Ia juga diketahui memiliki suhu dan jari-jari yang menunjukkan jika itu masih membakar helium dibagian intinya.

Para astronom asal Jerman mengaku menemukan jenis bintang baru yang masih menjadi misteri (kompas.com)

"Kami percaya bintang-bintang yang baru ditemukan ini terbentuk dalam jenis peristiwa penggabungan bintang yang sangat langka antara dua bintang katai putih," kata Miller Bertolami, penulis utama studi dari Institute for Astrophysics of La Plata, seperti dikutip dari Independent, Kamis (24/2/2022).

Katai putih adalah sisa-sisa bintang yang kehabisan bahan bakar nuklirnya. Ketika katai ini berada dalam sistem biner dekat, bintang katai dapat bergabung karena gelombang gravitasi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"