Begini 5 Cara Menghindari Narkoba untuk Para Remaja

Begini 5 Cara Menghindari Narkoba untuk Para Remaja

Kasus penyalahgunaan narkoba banyak dialami oleh para remaja. Alhasil masa muda dihabiskan untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna dan dapat merusak masa depan. Bagi remaja sebenarnya bisa melakukan cara-cara untuk menghindari narkoba. Cara ini mudah dilakukan oleh para remaja.

Peran keluarga si remaja khususnya orangtua harus berperan besar untuk membantu putra dan putrinya bisa terhindar dari narkoba. Sebagai orangtua tentu ingin melihat anak merengkuh masa depan yang sukses tanpa narkoba. Berikut 5 cara untuk menghindari narkoba bagi remaja.

1. Selektif dalam Pergaulan

Seorang remaja berkenalan dengan narkoba karena pergaulan atau lingkungan pertemanan. Biasanya dalam lingkup pertemanan ada orang yang sengaja meminta temannya mencicipi narkoba dengan alasan demi kekompakan. Jadi bila memiliki teman seperti itu sebaiknya mulai menjaga jarak agar tidak diminta mencobanarkoba.

Ilustrasi Remaja Sedang Nongkrong (SINDOnews)


2. Tahu Bahaya Narkoba

Seorang remaja harus mengetahui tentang bahaya jika mengkonsumsi narkoba. Banyak informasi tentang efek negatif narkoba yang bisa diakses. Tidak ada  untungnya memakai narkoba justru narkoba membuat kesadaran seseorang jadi menurun, merusak sel otak, menggangu kualitas hidup, hingga menyebabkan kematian. Tentu kamu tidak akan mau kan masa muda terenggut karena narkoba?

3. Orangtua Ajak Diskusi

Orangtua harus menerapkan kedisiplinan kepada anak-anaknya yang masih remaja. Terkadang memang ada remaja yang merasa lelah bila terus dinasehati terlalu berlebihan oleh orangtua. Orangtua sebaiknya memberikan nasehat dengan cara yang tepat. Ajak anak remaja diskusi dan mengobrol tentang bahaya narkoba, jadi si anak menjadi nyaman membahas masalah tersebut dan terkesan tidak dinasehati.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"