Beda dengan Hewan Lain, Kenapa Kuda Harus Pakai Sepatu?

Beda dengan Hewan Lain, Kenapa Kuda Harus Pakai Sepatu?

Kuda  adalah hewan berkaki empat yang memiliki tenaga besar dalam membantu manusia mengangkat beban berat. kuda menggunakan sepatu kuda yang khusus. Lalu kenapa kuda harus pakai sepatu sementara hewan lain tidak?

Dilansir dari berbagai sumber, sepatu kuda berfungsi untuk melindungi kuku kuda. Kuda memiliki kuku yang terbentuk dari keratin seperti kuku manusia. Bedanya keratin dalam kuku kuda lebih banyak dibandingkan kuku  manusia. Kondisi ini membuat kuku kuda lebih keras dibandingkan kuku manusia.

Kuku kuda yang keras itu melindungi kuku bagian dalam yang empuk dan kaki  kuda dari gesekan serta tekanan ketika kuda sedang berjalan. Khususnya kuda yang memang digunakan untuk mengangkat beban berat, misalnya kuda menarik delman.

Kuda Banyak yang Memakai Sepatu (Hargo)

Tekanan pada kaki kuda akan jauh lebih besar. Jika kuda tak memakai sepatu maka kuda dapat mengalami cidera yang cukup parah pada bagian kaki kuda. Dikutip dari National Center for Biotechnology Information, sepatu kuda bisa meningkatkan beban mekanis yang diangkut oleh kuda dan meningkatkan kesehatan kuda.

Lalu terbuat dari apakah sepatu kuda? Kuku kuda biasanya terbuat dari baja atau alumunium yang dipasang dengan cara memakunya langsung pada kaki kuda. Saat proses pemakaian sepatu kuda, kuda tetap tenang dan tidak gelisah karena pemasangan sepatu tidak menyakiti kuda.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"