Mirip Kuda, Ini 3 Alasan Zebra Nggak Bisa Dipelihara dan Ditunggangi

Mirip Kuda, Ini 3 Alasan Zebra Nggak Bisa Dipelihara dan Ditunggangi

Hewan zebra kadang dianggap mirip dengan kuda karena sama-sama berasal dari satu keluarga Equidae dan satu genus Equus dengan kuda dan keledai. Tapi meski mirip kuda, tapi kenapa ya zebra tidak bisa dipelihara atau ditunggangi? Apakah zebra tidak bisa dijinakkan seperti kuda?

Seorang peneliti bernama Richard Diamond pernah melakukan penelitian bahwa menjinakkan zebra ternyata pernah dilakukan pada zaman dulu namun berakhir dengan kegagalan. Makanya hewan dengan warna putih dan hitam tersebut tidak bisa jinak seperti kuda. 

Memang ada usaha yang berhasil menjinakkan zebra namun jumlahnya sangat sedikit. Cara itu dilakukan dengan individual bukan dalam bentuk kawanan. Makanya usaha itu membuat zebra ada yang bisa ditunggangi hingga menarik kereta seperti kuda. Sayangnya zebra ditunggangi dan menarik kereta tidak berlangsung lama. Nah berikut ada beberapa alasan kenapa zebra tidak bisa disamakan dengan kuda.

Mirip Kuda, Ini Alasan Zebra Nggak Bisa Dipelihara dan Ditunggangi (Kompas.com)

Zebra Lebih Agresif dari Kuda

Meskipun bentuknya tidak sebesar kuda, siapa sangka kalau zebra memiliki agresifitas melebihi kuda. Hal itu bisa terlihat ketika zebra menghadapi predator seperti singa yang akan memangsa mereka. Zebra jantan bahkan kerap berkelahi dengan sesama zebra dan melakukan intimidasi kepada zebra betina.

Karena sifatnya agresif membuat orang kesulitan untuk menangkar dan menjinakkan zebra dibandingkan kuda. Hal itu berbeda dengan kuda yang dianggap lebih tenang saat hendak dijinakkan. Alhasil kuda jadi hewan yang dekat dengan manusia karena bisa melakukan banyak bantuan.

Suka Menggigit 

Mungkin sifat agresif zebra ada kaitannya dengan kebiasaan zebra yang suka menggigit orang yang memeliharanya pada zaman dulu. Pada tahun 1600-an seorang pria di Afrika menjinakkan zebra namun gagal karena zebra menggigit orang itu sampai pria itu tewas. Wah ngeri juga ya zebra itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"