Beberapa Fakultas di ITB Mensyaratkan Calon Mahasiswa Tidak Buta Warna

Beberapa Fakultas di ITB Mensyaratkan Calon Mahasiswa Tidak Buta Warna

Institut Teknologi Bandung (ITB) mengajukan persyaratan bebas buta warna total maupun parsial untuk beberapa fakultas atau program studi, baik dari rumpun Sains dan Teknologi (Saintek) maupun rumpun Sosial dan Humaniora (Soshum).

Dari laman resmi ITB, beberapa program studi yang memberikan syarat mutlak bebas buta warna adalah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dari kelompok Saintek. 

Program studi (prodi) itu termasuk prodi Teknik Geologi untuk Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), prodi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan untuk Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL), serta prodi Teknik Kimia untuk Fakultas Teknik Industri.

Sementara kelompok Sosio-Humaniora seperti Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) mewajibkan agar peserta mengikuti ujian keterampilan dan ujian tertulis. 

Program studi FSRD yang mewajibkan calon mahasiswa bebas buta warna terdiri dari program studi Seni Rupa, Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, serta Desain Produk.

Dalam persyaratan itu, yang dimaksud dengan buta warna parsial adalah yang tidak bisa melihat beberapa warna. Buta warna merah-hijau adalah yang tidak bisa melihat dua warna tersebut, begitu juga halnya dengan biru-kuning.

Sedangkan buta warna total adalah mereka yang tidak dapat melihat warna, sehingga dunia hanya berwarna hitam dan putih atau monokromasi. 

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"