Bacaan Doa Niat Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Tata Cara Pelaksanaannya

Bacaan Doa Niat Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan Lengkap Dengan Tata Cara Pelaksanaannya

Pelaksanaan ibadah puasa  Ramadhan 2022  hanya tinggal menghitung hari. Masyarakat Indonesia kini tengah menunggu keputusan sidang Isbat dari Kementrian Agama (Kemenag) untuk menetukan awal Ramadhan 1443 Hijrah yang baru akan dilaksanakan pada Jumat, 1 April 2022.

Menyambut datangnya bulan Ramadhan, pemeluk agama Islam biasanya tidak hanya fokus pada persiapan amalan kebajikan seperti puasa sunah, sedekah dan membaca Alquran. Ramadhan sejatinya juga harus disambut dengan badan yang bersih dan suci.

Oleh karena itu, sebelum melakukan ibadah puasa keesokkan harinya, banyak umat Muslim yang melakukan mandi besar atau keramas puasa Ramadhan terlebih dahulu. Terkait mandi sebelum dimulainya puasa Ramadhan, mandi ini sebenarnya tidak memiliki dalil khusus. Ini seakan sudah menjadi kebiasaan dan budaya untuk umat Muslim.

Foto: Mandi Puasa Ramadhan (Tribun Wow)

Meski demikian, tidak ada larangan untuk melakukan hal tersebut. Bahkan hal ini bisa menjadi amalan baik yang mendatangkan pahala. Yang terpenting adalah niat orang yang melakukan mandi tersebut untuk membersihkan diri menyambut bulan suci Ramadan, sekaligus bersiap menjelang tarawih pertama.

Waktu pelaksanaan mandi keramas puasa Ramadhan sebaiknya dilakukan saat sore hari, menjelang hari pertama puasa Ramadhan. Tapi, kamu juga bisa mandi keramas pada akhir bulan syaban atau menjelang bulan Ramadhan. Tapi pilihan terakhirnya, kamu juga bisa melakukan mandi saat malam hari ketika hari subuhnya sudah mulai sahur pertama.

Adapun tata cara mandi keramas sebelum puasa Ramadhan tidak jauh berbeda dengan mandi-mandi besar lainnya, baik yang sunnah maupun wajib. Lantas seperti apa doa niat mandi puasa Ramadhan dan bagaimana pelaksanaanya? Simak penjelasan berikut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"