Artidjo Alkostar Sosok Hakim Agung Legendaris yang Paling Ditakuti Para Koruptor

Artidjo Alkostar Sosok Hakim Agung Legendaris yang Paling Ditakuti Para Koruptor

Tahu gak sih kalian gengs, kalau di Indonesia punya sosok Hakim Agung paling melegenda karena kejujurannya gengs. Koruptor? Auto penjara deh kalau beliau yang menangani kasusnya. Siapa sih dia?

Nama beliau adalah Artidjo Alkostar, kelahiran Situbondo Jawa Timur 22 Mei 1948, beliau adalah salah satu Hakim Agung paling legendaris di Indonesia.

Beliau dikenal sebagai orang yang low profile, ramah. Sekalipun ia seorang Hakim Agung, tapi kehidupannya tidak berubah. Ia bahkan selalu menolak segala hadiah, suap dan bentuk lobby yang dilakukan oleh para terpidana kasus yang akan ia adili, salut dan respect banget sih sama beliau.

Sosok Artidjo Alkostar (Kompas.com)

Sebelum pensiun sebagai Hakim Agung pada tahun 2018 lalu, ia dikenal sebagai hakim yang ditakuti oleh para koruptor. Tercatat, Artidjo berkali kali menaikkan vonis masa tahanan para pelaku korupsi. Alih alih sang tersangka meminta PK (Peninjauan Kembali) yang biasanya meringankan vonis hukuman, ketika kasus dipegang oleh Hakim Agung Artidjo, vonisnya justru ditambah.

Ia pernah memperberat vonis mantan kader Demokrat, Angelina Sondakh. Vonis Angelina Sondakh dari 4 th penjara menjadi 12 th.

Artidjo juga memperberat hukuman mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbanigrum dari awalnya 7 tn jadi 14 th serta denda Rp 5 miliar, subsider satu tahun empat bulan kurungan.

Tak hanya itu, Artidjo juga memperberat hukuman para koruptor lainnya, seperti mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, mantan Ketua MK Akil Mochtar, mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, dan lain-lain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"