Apakah THR di Luar Negeri Juga Ada? Ini Penjelasannya

Apakah THR di Luar Negeri Juga Ada? Ini Penjelasannya

Tunjangan Hari Raya atau THR merupakan uang yang ditunggu pekerja di Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Biasanya THR didapatkan pekerja dua minggu jelang hari raya. Tapi apakah THR hanya dikenal di Indonesia saja? Apakah ada negara di luar negeri yang mengenal THR?

Menurut sejarah THR di Indonesia pertama kali diberikan pada tahun 1950-an. THR diberikan pada Kabinet Sukiman Suwirjo untuk meningkatkan kesejahteraan pada pegawai negara atau aparatur sipil negara atau ASN. Namun seiring berjalannya waktu THR tak hanya diberikan kepada ASN saja karena pegawai swasta juga meminta hak yang sama. 

Mengutip dari VOI, ternyata di Belanda juga mengenal kebijakan mirip-mirip THR. Di negara kincir angin tersebut dikenal dengan nama Holiday Allowance. Uang itu adalah tunjangan yang diberikan perusahaan saat memasuki masa liburan. Tunjangan liburan di Belanda adalah pembayaran upah tambahan yang wajib diberikan majikan atau perusahaan kepada karyawan yang dipekerjakan. 

THR (Suara.com)

Sementara itu di Malaysia pemerintah membagikan uang bantuan keuangan khusus Idul Fitri yang mirip dengan THR. Jumlah THR yang dibagikan pada tahun 2022 lalu sebesar 500 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp 1,7 juta. Namun THR di Malaysia hanya diterima oleh pegawai instansi pemerintah saja.

Ismail Sabri Perdana Menteri Malaysia (2021-2022 saat itu juga mengatakan pemberian uang juga didapatkan oleh staf di bawah kontrak layanan dan pejabat harian paruh waktu di instansi pemerintah Malaysia.

“Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa pemerintah telah setuju untuk memberikan Bantuan Keuangan Khusus Idul Fitri sebesar RM500 kepada semua pegawai negeri sipil termasuk staf di bawah kontrak layanan, kontrak untuk layanan, pejabat harian paruh waktu dan penunjukan di bawah skema MySTEP, (Short-Term Employment Program),” ujar Ismail dilansir dari Antara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"