Antisipasi Banjir, Jepang Punya Gorong-gorong dan Tangki Raksasa Terbesar di Dunia

Antisipasi Banjir, Jepang Punya Gorong-gorong dan Tangki Raksasa Terbesar di Dunia

Jepang memang negara yang terkenal akan kecanggihan teknologinya. Inovasi dan pengembangan ilmu pengetahuan banyak dikembangkan di negeri sakura ini. G-Cans salah satunya untuk mencegah datangnya musibah banjir

G-Cans merupakan sistem drainase bawah tanah yang terdiri dari gorong-gorong dan tangki raksasa untuk pencegah banjir. Infrastruktur bawah tanah ini berada di Kasukabe, Saitama, Jepang.

Dilansir Global Citizen, fasilitas ini merupakan bentuk pengendali banjir bawah tanah terbesar di dunia yang dibangun untuk mencegah meluapnya kanal dan sungai besar di kota itu. Upaya melawan banjir sudah dilakukan sejak lama. Tindakan preventif ini dilakukan karena letaknya yang berada di perlintasan lima aliran sungai dan belasan sungai-sungai kecil yang permukaannya selalu naik setiap musim. 

Antisipasi Banjir, Jepang Punya Gorong-gorong dan Tangki Raksasa Terbesar di Dunia (SmartCityIndo)

Lima tangki air raksasa terkubur di bawah tanah kota metropolis di Jepang. Tangki berbentuk silinder itu memiliki ukuran 70 meter atau setara luar parkir pesawat ulak-alik. Kelima tangki ini terhubung oleh gorong-gorong atau saluran air raksasa sepanjang 6,3 Km. 

Gorong-gorong tersebut terhubung ke sistem pompa air yang mendorong air sungai menuju laut. Pompa dalam saluran pembuangan air ini memiliki kekuatan 13.000 tenaga kuda atau dapat mendorong 200 ton air per detik. Jika pompa itu menyala, maka hanya dibutuhkan waktu 3 detik untuk mengosongkannya. 

Tangki tersebut terdiri dari puluhan pilar penyangga. Tiap pillar memiliki berat 500 ton yang menahan langit-langit. Sekilas gorong-gorong raksasa ini tampak seperti pilar-pilar katedral.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"