Alami Kebakaran, Ini Dia Pemilik Tunjungan Plaza Surabaya, Masuk Daftar Konglomerat di Indonesia

Alami Kebakaran, Ini Dia Pemilik Tunjungan Plaza Surabaya, Masuk Daftar Konglomerat di Indonesia

Pada Rabu (13/4) Tunjungan Plaza  5 Surabaya, Jawa Timur kebakaran. Kejadian itu membuat pengunjung mall berhamburan ke luar dan nampak panik. Tunjungan Plaza atau TP adalah mall terkenal di Surabaya bahkan Indonesia karena pemilik Tunjungan Plaza adalah salah satu orang terkaya atau konglomerat  di Indonesia.

Menurut penelitian Efrillia Rizqi Mahardian Putri di tahun 2019, TP merupakan pusat perbelanjaan yang menawarkan konsep shopping mall pertama di Surabaya. TP dibangun oleh perusahaan properti bernama PT Pakuwon Jati di tahun 1985. Pakuwin Jati dimiliki oleh Alexander Tedja.

Dalam laporan Forbes mencatatkan nama Alexander pada tahun 2021 lalu masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Alexander berada di urutan ke-38. Total kekayaan taipan properti ini sebesar Rp 1,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 17,1 triliun. Alexander tidak hanya mendirikan perumahan dan mall di Surabaya saja karena mulai melakukan ekspansi di luar Surabaya, misalnya di Jakarta.

Ini Dia Pemilik Tunjungan Plaza Surabaya, Masuk Daftar Konglomerat di Indonesia (iNews)

Pada tahun 2007 melalui perusahaan yang dimilikinya, Alexander mengembangkan proyek di Gandaria, Jakarta Selatan dengan mendirikan Gandaria City. Gandaria City pun saat ini menjadi salah satu pusat perbelanjaan terkenal yang berada di kawasan Jakarta Selatan.

Sukses mendirikan Gandaria City, perusahaan Alexander terus mengembangkan sayapnya dengan membangun Kota Kasablanka yang mulai beroperasi di tahun 2012. Kokas, biasa orang menyebut mall itu juga berkembangan sangat pesat sejak 10 tahun berdiri sampai sekarang.

TP dibangun pada 1985 di atas tanah seluar 5 hektar dengan luas bangunan mencapai 44.700,88 meter persegi. Proyek pembangunan TP dikerjakan selama 1,5 tahun dengan bantuan 1.900 pekerja. Pembangunan TP menelan uang mencapai Rp 30 miliar. Jumlah itu tentu sangat besar di tahun 80-an.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"