Akhirnya Terjawab! Ini Alasan Truk di Indonesia Banyak yang Warna Kuning

Akhirnya Terjawab! Ini Alasan Truk di Indonesia Banyak yang Warna Kuning

Truk merupakan kendaraan yang populer di Indonesia. Biasanya truk dipakai untuk mengangkut barang-barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Uniknya truk di Indonesia banyak yang warnanya kuning loh. Kira-kira kenapa sih truk di Indonesia warnanya kuning?

Melansir dari iNews, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI, Djoko Setijowarno mengatakan truk di Indonesia warna kuning karena ada hubungan dengan masa lalu atau zaman dulu terkait proses identifikasi. Truk yang paling laku di Indonesia merk Mitsubishi Colt Diesel dan warna kuning di bagian kepalanya.

Sehingga truk Colt Diesel banyak muncul di daerah seluruh Indonesia dan membuat sebutan truk-truk di Indonesia warnanya kuning. “Modelnya paling laku jadi dianggap semua truk di Indonesia warnanya kuning,” kata Djoko.

Truk di Indonesia Warnanya Kuning (GridOto.com)

Truk di Indonesia warnanya kuning juga karena faktor lain. Ttruk masuk dalam kategori angkutan umum sehingga menggunakan nomor pelat berwarna kuning.Dan, bak-bak atau bagian belakang truk banyak dicat warna kuning supaya mempermudah proses identifikasi. Truk di Indonesia warna kuning membuat masyarakat identik dengan warna itu  yang merepresentasikan truk. 

Bicara tentang truk di Indonesia, biasanya memiliki kebiasaan yang unik salah satunya menghias bagian belakang truk dengan gambar atau tulisan yang menarik pengguna jalan lain bahkan sampai ada yang viral. Kalimat-kalimat di belakang truk biasanya membahas banyak tema kehidupan mulai dari percintaan, pekerjaan, dan hal-hal lain yang dekat dengan keseharian. 

Sopir truk yang jarang ada di rumah karena harus keluar kota kerap menuliskan pesan-pesan bermakna untuk keluarga yang ditinggal. Jarang pulang karena tuntutan pekerjaan membuat para sopir kangen dan menyimpan rasa rindu pada keluarga lewat tulisan di truk, seperti "pulang malu nggak nggak pulang rindu".



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"