Ada-ada Saja, Jenazah Tertukar Pasien COVID-19 Bikin Pemakaman Tertunda, Kuburan Digali Lagi

Ada-ada Saja, Jenazah Tertukar Pasien COVID-19 Bikin Pemakaman Tertunda, Kuburan Digali Lagi

Sebuah kejadian unik terjadi di Sidoarjo, Jawa Timur, ketika dua jenazah pasien COVID-19 tertukar karena salah dibawa ke pemakaman yang sudah ditentukan. Kedua jenazah tersebut adalah Maria Indrawati dan Ira Puspitowati. TPU Dusun Tawangsari dijadikan lokasi pemakaman untuk Ira, tetapi yang datang malah jenazah Maria.

Dikutip dari Detik, salah satu keluarga Ira curiga karena peti mati yang dimasukan ke liang lahat berbeda dengan yang dia lihat saat berada di Rumah Sakit. Peti sudah terkubur namun terpaksa dibuka kembali karena pihak keluarga akan memastikannya.

Ternyata benar bahwa sosok wanita dalam peti itu bukan jenazah Ira melainkan Maria. Ketua RT setempat, Budi Cahyono mengatakan jika suami Ira yang mengetahui hal itu pertama kali. Akhirnya jenazah Maria itu kemudian dibawa ke TPU Gajah Magersari, tak lama ambulans membawa jenazah Ira datang ke TPU Dusun Tawangsari untuk kemudian dimakamkan.

Ilustrasi Pemakaman Pasien COVID-19 (Kompas.com)

Ira dan Maria merupakan pasien COVID-19 yang berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo. Diduga pihak RS telah melakukan kekeliruan dalam mengantarkan jenazah ke pemakaman sehingga bisa tertukar. "Masalah ini sudah diselesaikan secara kekeluargaan,"ucap Budi.

Wakil RSUD Sidoarjo Wasis Nupikso membenarkan jika jenazah pasien COVID-19 memang tertukar. "Kedua pasien sama- sama meninggal pada Senin malam, keluarga menyaksikan saat jenazah dimasukan ke peti dan pemberian identitas telah dilakukan,"ujar Wasis.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"