9 Kata Ini adalah Bahasa Universal Loh ...

9 Kata Ini adalah Bahasa Universal Loh ...

Percaya atau nggak, semua negara di dunia mengatakan 9 kata berikut ini. Simak daftarnya.

Bahasa universal tuh beneran ada loh gengs. Beberapa kata yang kita gunakan di negara kita ternyata juga digunakan di banyak negara lain di dunia.

Jadi, kalo umpamanya kalian main ke belahan dunia mana pun di dunia ini, ada kemungkinan bahwa orang tersebut akan mengerti apa yang kita katakan meski kita nggak ngerti bahasa mereka. Begitu juga mereka yang nggak ngerti bahasa kita.

Ya ... kata-kata yang digunakan emang nggak sama persis sih. Tapi kalo merujuk pada sesuatu, kita bisa langsung ngerti kok apa yang dimaksud. Cuma ada kesamaan bunyi atau pengucapan aja gitu.

Simak deh ulasan soal 9 kata yang ternyata adalah bahasa universal berikut ini. Kalian nggak perlu pake bahasa isyarat kok untuk menjelaskannya. Apalagi pake bahasa qolbu, hehehe.

1. Taksi

1. Taksi Taksi di mana aja ya disebut begitu (timeout.fr)

Istilah 'taksi' di mana pun di dunia ini sama-sama merujuk pada hal yang sama. Ya, taksi itu sendiri lah. Di Jepang, taksi disebut 'ippan jokyaku ryokaku jidosha' yang berarti "kendaraan bermotor untuk penumpang atau pelancong".

Tapi kalo kalian sebatas menyebut kata 'takushii' aja, mereka udah ngerti kok. Tentang hal ini, ada yang berpendapat bahwa istilah 'taksi' telah dipopulerkan di sejumlah tempat berkat berkembangnya pariwisata lintas-negara.

2. Kopi

2. Kopi Kopi juga disebut begitu, beda pengucapan aja kali ya (roastycoffee.com)

'Kopi' adalah salah satu bahasa universal juga nih. Meski pengucapannya nggak sama sih di tiap negara. Tapi minuman itu bisa dikenali juga sebagai 'kof-ee', 'kahve', atau 'kava'.

Istilah ini tak lepas dari peminjaman kata dalam bahasa Turki yaitu 'kahve' sebagai bahasa slang untuk kopi yang digunakan pada kata Arab kuno 'qahua'.

Di Inggris, kopi ya disebut 'coffee', di Prancis disebut sebagai 'cafe'. Tapi semua ini terkait dengan kata dalam bahasa Turki tadi. Popularitas minuman itu pun menyebar dengan cepat dan digunakan di seluruh dunia hingga kini.

3. Teh

3. Teh Teh, kira-kira juga disebut begitu lah (unlockfood.ca)

China adalah negara yang mengekspor teh, baik untuk produk maupun kata, ke seluruh dunia. Sebenarnya, China mengekspor dua kata. 'Teh' diucapkan sebagai 'cha' untuk sebagian besar dialek di seluruh China.

Pengucapan itu pun menyebar lewat Jalur Sutra ke Persia hingga ke Urdu, Arab, Rusia, dan menjelajah jauh ke Afrika seperti Swahili.

Dialek tersebut tetap mengacu kepada 'te'. Beberapa bahasa dunia juga menyebutnya sebagai 'the', 'tee', atau 'tea'.

4. Cokelat

4. Cokelat Cokelat juga disebut hampir sama di banyak tempat di dunia (firstcry.com)

Cokelat adalah makanan yang digemari banyak penduduk dunia. Nah, penggunaan namanya pun tak jauh berbeda di tiap negara. Cokelat sendiri berasal dari kata 'Nahuatl xocolatl' yang dalam bahasa budaya Aztec.

Cokelat telah dikenal semenjak zaman Aztec silam. Mereke mengonsumsi biji kakao yang disebut sebagai 'cacahuatl'. Besar kemungkinan bahwa kata itulah yang menjadi cikal bakal cokelat disebut 'kakao'.

Selain itu, orang-orang Spanyol kemudian menciptakan istilah 'cokelat'. Selanjutnya, kata itu berpindah dari bahasa Spanyol ke bahasa Eropa lainnya, termasuk bahasa Inggris. Kata itu juga digunakan secara luas di dunia hingga sekarang.

5. Mama

5. Mama Mama juga nih, rata-rata ya manggilnya 'mama' (todaysparent.com)

Kata 'mama' dengan cepat bisa dipahami oleh sebagian besar penduduk dunia. Banyak istilah yang mirip dari satu negara ke negara lainnya. Dalam bahasa Korea, 'mama' disebut 'eomma', sementara di Ceko dikenal sebagai 'mami'.

Sebuah penelitian pun menunjukkan bahwa semua itu saling berkaitan dengan perkembangan bicara anak. Pada masa awal belajar bicara, bayi mana pun di dunia ini biasa mengatakan 'mmmm ...' dan 'a ...'.

Suara-suara itu kemudian dikombinasikan dan menciptakan kata pertama yang umum: 'mama'. Suara, interpretasi, serta kata menjadi sama. Makanya, di mana pun kalian berada, ketika kita mengatakan kata itu ya akan dimengerti dengan mudah oleh orang lain.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"