6 Negara yang Hilang Dari Peta Dunia, Sudah Tahu Belum?

6 Negara yang Hilang Dari Peta Dunia, Sudah Tahu Belum?

Tahu nggak sih, kalau ternyata ada sejumlah negara yang hilang dari peta dunia? Negara-negara ini sebenarnya pernah berjaya pada masanya. Namun karena beberapa sebab, akhirnya negara ini terpaksa hilang dari peta.

Perlu diketahui bahwa hilangnya sebuah negara dalam peta dunia bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti berganti nama, bergabung dengan negara lain, berpisah dan membentuk negara baru, serta bisa juga karena kehilangan kedaulatan dan diambil alih oleh negara lain.

Lantas, negara mana saja sih yang dulu pernah ada namun kini sudah hilang dari peta dunia? Kenapa pula alasannya? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Republik Rakyat Tuvan

Negara yang Hilang dari Peta (via Pinterest)

Pernah dengar Negara Republik Rakyat Tuvan? Negara ini menjadi bagian dari dinasti Qing Tiongkok sebelum diambil alih oleh Kekaisaran Rusia. Pada 14 Agustus 2021, kaum Bolshevik mendirikan Republik Rakyat Tuvan yang dikenal sebagai Tannu Tuva hingga tahun 1926 setelah mendapat dukungan dari Rusia.

Namun pada 11 Oktober 1944, Republik Rakyat Tuvan kemudian bergabung dengan Uni Soviet dan secara resmi bergabung, sehingga negara Republik Rakyat Tuvan sudah tidak ada lagi. Uni Soviet sendiri pada akhirnya juga runtuh beberapa dekade kemudian.

2. Vietnam Utara/Vietnam Selatan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"