6 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Organ Livermu

6 Makanan yang Bagus untuk Kesehatan Organ Livermu

Livermu memainkan peran penting dalam memproses apa yang kamu makan dan minum, sehingga tubuh mendapatkan bahan bakar dan nutrisi yang dibutuhkannya. 

Organ ini juga menyaring produk limbah yang dihasilkan saat kamu memetabolisme makanan, minuman, dan obat-obatan. Liver bertugas membuang racun dan produk limbah yang bisa berbahaya jika tidak dibuang secara efektif.

Dan tentu saja, kesehatan livermu sangat bergantung padamu. Jika kamu memilih makanan yang sehat dan padat nutrisi sebagai bahan bakar tubuhmu, livermu akan bekerja secara optimal.

Jika kamu tidak berhati-hati dengan gaya hidup dan kualitas makanan yang kamu makan, hatimu akan dapat rusak seiring berjalannya waktu, dan itu dapat mempengaruhi seluruh tubuhmu. Nah untuk menjaga livermu tetap sehat, berikut 6 makanan yang wajib kamu makan:

1. Protein tanpa lemak.

Protein tanpa lemak (astronauts.id)

Mendapatkan cukup protein sangat penting untuk livermu. Beberapa protein seperti: ayam tanpa lemak, kalkun, ikan, dan daging sapi adalah pilihan yang baik. Usahakan juga untuk tidak mengonsumsi protein olahan seperti hot dog, bologna, dan salami, yang mengandung banyak lemak dan garam. 

Untuk protein nabati, beberapa pilihan yang baik adalah kacang-kacangan, lentil, edamame, tahu, atau kacang polong.

2. Buah-buahan dan sayur-sayuran. 

Makanan ini memberikan mikronutrien yang dibutuhkan livermu. Selain itu, serat dalam sayur dan buah membantu sistem pencernaan secara keseluruhan. 

Pastikan untuk memasukkan sayuran berdaun hijau, yang mengandung vitamin K, nutrisi yang digunakan livermu untuk membantu mengontrol pembekuan darah. Buah beri juga baik karena mengandung antioksidan yang dapat mengurangi efek peradangan pada hati. 

3. Minyak zaitun.

Minyak zaitun mengandung antioksidan dan vitamin E dan dapat membantu melindungi terhadap penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD). 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"