5 Tradisi Lebaran yang Dilakukan Masyarakat Eropa, Unik-unik Semua

5 Tradisi Lebaran yang Dilakukan Masyarakat Eropa, Unik-unik Semua

Tradisi lebaran tidak hanya dilakukan masyarakat Indonesia yang memiliki keunikkan. Warga eropa yang merayakan lebaran juga melakukan kebiasaan-kebiasaan setiap hari raya. Ada yang bertukar hadiah layaknya natal, kumpul keluarga, dan makan-makan. Berikut tradisi unik warga eropa saat rayakan lebaran.

1. Bertukar Hadiah

Tradisi tukar hadiah dilakukan umat muslim di Jerman. Biasanya tukar hadiah dilakukan di kawasan rumah atau bertukar hadiah dengan tetangga sambil bermaaf-maafan. Tradisi tukar hadiah ini dilakukan selama tiga hari berturut-turut selama lebaran. Nah, bagi kamu yang suatu hari nanti mau berlebaran di Jerman, siap-siap menyiapkan kado ya.

2. Prasmanan Internasional

Tradisi Lebaran di Eropa (Travel Kompas)

Di Islandia ada tradisi unik yakni prasmanan internasional. Biasanya umat muslim di negara dingin ini melakukan makan bersama dengan menghidangan berbagai menu dan sajian untuk dimakan bersama-sama.

Uniknya menu-manu yang disiapkan cukup bervariasi, ada menu makanan khas Islandia, menu dari timur tengah hingga menu dari asia. Tradisi makan-makan ini mendatangkan keakraban dan menjaga silaturahmi di hari lebaran.

3. Beli Baju Lebaran

Ternyata kebiasaan membeli baju lebaran tidak hanya dilakukan masyarakat Indonesia sebelum Idul Fitri. Masyarakat muslim di Prancis antusias membeli baju lebaran saat lebaran. Baju itu dipakai di hari raya. Setelah Salat Id mereka akan memakai pakaian baru itu sambil bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat. 

4. Rayakan di Rumah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"