5 Tips Menyiapkan Dana Pensiun, Yuk Mulai dari Sekarang

5 Tips Menyiapkan Dana Pensiun, Yuk Mulai dari Sekarang

Menyiapkan dana pensiun sejak muda sangat perlu dilakukan. Dana pensiun nantinya digunakan untuk keperluan setelah seseorang tidak lagi bekerja karena memasuki masa pensiun. Meskipun ada perusahaan yang memberikan uang pensiun bagi karyawannya, tapi gimana kalau ada perusahaan yang nggak berikan uang pensiun sama sekali? Berikut tips menyiapkan dana pensiun.

Merencanakan Target Usia Pensiun

Mayoritas orang pensiun saat usianya genap 55 tahun. Tapi ada juga orang yang pensiun di usia lebih dari 55 tahun, misalnya 58 tahun bahkan 60 tahun karena kontrak kerjanya diperpanjang perusahaan. Oke, cobalah menargetkan usia pensiun 55 tahun seperti mayoritas pekerja di Indonesia.

Dengan merencanakan target usia pensiun bisa dikurangi dengan usia kamu sekarang. Misalnya usia kamu 25 tahun, berarti kamu memiliki kesempatan untuk menyiapkan dana pensiun selama 20 tahun. Sudah pasti ada uang pasif yang harus disiapkan untuk pensiun nanti. Perhitungannya berapa ada di penjelasan berikutnya ya.

Menyiapkan Dana Pensiun (Blog Bibit)

Mengelola Dana Pensiun

Dalam menyiapkan dana pensiun cukup mudah. Sisihkan saya sekitar 10 persen dari penghasilan tiap bulannya. Jika dihitung misalnya 10 persen dari penghasilan adalah Rp 500 ribu, tinggal dikalikan saja berapa tahun target usia pensiun. 

Semisal 20 tahun sama dengan 240 bulan. Tinggal dikalikan saja Rp 500 ribu kali 240 bulan, berarti dana pensiun yang terkumpul sekitar Rp 120.000.000. Dengan uang sebesar itu bisa dikelola untuk hari tua nanti, seperti membuka usaha.

Menambah Penghasilan

Cara untuk menambah dana pensiun bisa saja dilakukan selama orang tersebut memiliki sumber penghasilan lain. Misalnya seseorang memiliki bisnis atau bekerja sebagai freelancer beberapa bidang. Tentu dengan penghasilan yang bertambah membuat dana pensiun bisa bertambah untuk ditabung sejak sekarang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"