5 Penemuan Arkeologi Terpenting dan Paling Luar Biasa Sepanjang Sejarah, Ada yang Sampai Dibikin Film!

5 Penemuan Arkeologi Terpenting dan Paling Luar Biasa Sepanjang Sejarah, Ada yang Sampai Dibikin Film!

Kita mungkin sering nonton video atau film. Tentang betapa kerennya seorang arkeolog yang menemukan benda-benda penting peninggalan sejarah di bawah tanah.

Benda-benda penemuan tersebut kemudian diteliti dan jadi sumber pengetahuan baru tentang bagaimana kehidupan di masa lalu. Bagaikan kepingan puzzle, penemuan tersebut membuat kita mengetahui beberapa hal soal sejarah.

Nah, di bawah ini beberapa penemuan arkeologi yang sangat luar sepanjang sejarah. Penasaran?

1. Terracotta Army

Terracotta Army di Tiongkok (kumparan.com)

Terracotta Army adalah koleksi patung terakota yang menggambarkan tentara kaisar pertama Tiongkok, Qin Shi Huang. Penemuan ini menggambarkan seni penguburan yang dibuat dengan tujuan simbolis melindungi kaisar di akhiratnya.

Tentara berasal dari abad ketiga SM dan berjumlah sekitar 8.000 tentara, 130 kereta dan 520 kuda. Lewat penemuan ini, kita tahu bahwa bagaimana tentara Tiongkok diperlengkapi pada saat itu.

2. Batu Rosetta

Pada tahun 196 SM, Batu Rosetta bertuliskan dekrit dari Ptolemeus Raja Ptolemeus V dalam tiga bahasa: hieroglif Mesir Kuno, skrip Demotik, dan Yunani Kuno.

Penemuannya pada 1799 menjadikannya teks dwibahasa Mesir Kuno pertama yang ditemukan di zaman modern. Berkat penemuan Batu Rosetta, para peneliti sejarah sekarang dapat menerjemahkan hampir semua artefak dengan hieroglif Mesir Kuno. Wow keren!

3. Pompeii



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"