5 Negara dengan Biaya Hidup Paling Murah di Dunia, Indonesia Masuk Daftar

5 Negara dengan Biaya Hidup Paling Murah di Dunia, Indonesia Masuk Daftar

Indonesia dan beberapa negara di dunia termasuk dalam negara dengan biaya hidup paling murah di dunia. Hal itu terungkap dalam Annual Global Retirex Index yang dirilis dari majalah International Living. Negara-negara tersebut disusun berdasarkan survei terhadap koresponden International Living dari seluruh dunia. 

Dikutip dari Kompas.com, tolak ukur survei tersebut berdasarkan biaya murah tempat-tempat seperti biaya belanja, makan, gym, transportasi, dan perjalanan. Berikut negara-negara yang biaya hidupnya paling murah. 

Vietnam

Negara di Asia Tenggara ini masuk dalam daftar negara dengan biaya hidup paling murah. Pasangan ekspatriat bisa menikmati tinggal di Vietnam di rumah atau apartemen modern, makan, dan berkreasi dengan biaya sekitar beberapa juta. Bahkan harga sewa properti di Vietnam menurun sebanyak 20-50 persen.

Salah satu tempat di Vietnam yang banyak ditinggali ekspatriat adalah Hoi An dan Nha Trang yang terdapat beberapa tempat penyewaan apartemen dengan harga yang cukup terjangkau. Bahkan menyewa apartemen mewah cukup membayar sekitar Rp 4,6 juta.

5 Negara dengan Biaya Hidup Paling Murah di Dunia, Indonesia Masuk Daftar (Tribun)

Indonesia

Indonesia masuk dalam daftar. Namun spesifikasi tempat di Indonesia adalah Bali. Pasangan yang ingin hidup dengan biaya murah sekaligus tinggal di tempat yang indah, Bali bisa jadi pilihan. Di Bali biaya makan, penyewaan rumah terbilang cukup terjangkau. Selain Bali juga banyak daerah di Indonesia yang memiliki biaya hidup murah. Makanya banyak WNA senang tinggal di Indonesia.

Bolivia

Negara Bolivia di Amerika Selatan mungkin tidak menjadi negara yang terkenal di benua Amerika. Namun siapa sangka tinggal di Bolivia cukup murah. Untuk sewa apartemen saja di lokasi strategis dan fasilitas lengkap dibandrol dengan harga Rp 3 juta tiap bulannya. Namun karena negara tersebut tidak terlalu terkenal membuat masih sedikit ekspatriat yang memilih Bolivia.

Kamboja

Kamboja adalah negara yang berada di Asia Tenggara. Saat ini negara ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang cepat namun biaya hidup di Kamboja sangat murah. Biaya makan dan tempat tinggal di Kamboja terbilang murah dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara. Untuk menyewa apartemen mewah dengan fasilitas lengkap dibanderol dengan harga Rp 7,7 juta.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"