Daftar 5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Nomor 3 Nggak Disangka-sangka

Daftar 5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Nomor 3 Nggak Disangka-sangka

Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja mengeluarkan data terkait kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Biaya hidup di sebuah kota dipengaruhi oleh beberapa hal mulai dari pertumbuhan ekonomi, gaya hidup, kemajuan daerah, dan beberapa faktor lainnya. Berikut 6 kota yang memiliki biaya hidup paling mahal di republik ini.

Jakarta

Kota pertama adalah Jakarta. Ibu kota Indonesia ini sudah pasti masuk menjadi urutan teratas sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia. Biaya hidup di Jakarta memang mahal makanya ada istilah zaman dulu yang menyebut bahwa ibu kota lebih kejam dari ibu tiri. Siapa yang tidak kuat bertahan pasti akan tergilas di Jakarta.

Total rata-rata pengeluaran per kapita di Jakarta sebesar Rp 4.446.770 sedangkan total rata-rata pengeluaran rumah tangga mencapai angka Rp 16. 897.727. Meski Jakarta jadi kota pertama dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia namun banyak orang dari luar Jakarta yang ingin tinggal di Jakarta dan sukses menaklukan ibu kota.

Daftar 5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia (Suara Surabaya)

Surabaya

Urutan ke-2 ternyata Surabaya, Jawa Timur. Memang Surabaya masuk dalam jajaran kota besar di Indonesia selain Jakarta. Bahkan sebutan kota Metropolitan pun kerap disematkan kepada kota yang pernah dipimpin oleh Wali Kota Tri Rismaharini.

Menjadi bagian dari kota besar di Indonesia membuat tinggal di Surabaya sia-siap mengeluarkan biaya hidup yang besar. Rata-rata pengeluaran per kapita di Surabaya Rp 4.240.902 dan pengeluaran rumah tangga rata-rata sekitar Rp 16.115.429, beda tipis dibawah Jakarta.

Bekasi

Berikutnya ada Bekasi, Jawa Barat. Kota yang berada di pinggiran Jakarta ini kerap mendapat perundungan atau bully dari warga Jakarta. Kota Bekasi memang berkembang pesat dengan banyaknya pusat perbelanjaan, perkantoran, dan perumahan. 

Banyak orang memilih Bekasi sebagai tempat tinggal karena jaraknya cukup dekat dengan Jakarta. Untuk pengeluaran per kapita di Bekasi sebesar Rp 4.119.168 dan pengeluaran rata-rata rumah tangga sebesar Rp 16.888.582.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"