5 Mitos Kodok Masuk ke Rumah, Akankah Penghuni Akan Ketiban Sial?

5 Mitos Kodok Masuk ke Rumah, Akankah Penghuni Akan Ketiban Sial?

Sejumlah hewan yang masuk ke dalam rumah kadang membuat penghuni rumah jadi khawatir dan dikaitkan dengan mitos-mitos yang berkembang dalam masyarakat. Salah satu hewan itu adalah kodok atau katak. Konon kodok masuk ke rumah  juga memiliki sebuah arti tersendiri.

Padahal kodok merupakan hewan yang sering berada di luar rumah. Kodok tidak seperti hewan-hewan seperti cicak, kecoa, tikus, atau kucing yang kadang berada di dalam rumah. Lantas sebenarnya apa arti kodok masuk ke rumah? Apakah memiliki arti yang kurang baik bagi penghuni rumah?

1.    Akan Ada Tamu

Menurut primbon Jawa, kodok masuk ke dalam rumah bukan berarti sesuatu yang buruk. Sebab hal itu adalah tanda akan datang seorang tamu berkunjung ke rumah itu. Bahkan tamu itu tidak hanya datang saja melainkan juga menginap dalam waktu yang cukup lama.

5 Mitos Kodok Masuk ke Rumah, Akankah Penghuni Akan Ketiban Sial (Artikel rumah123.com)

2.    Membawa Pesan Negatif

Pernah dengar kan ungkapan seseorang yang habis menginjak kodok maka akan ketiban sial. Nah, jika seseorang mempercayai mitos itu maka penghuni rumah akan takut bila kodok masuk ke dalam rumah. Padahal warga yang tinggal di pedesaan biasa melihat kodok masuk ke dalam rumah karena lokasi rumah yang dekat dengan persawahan.

Dalam budaya di Eripa dipercaya bahwa hewan yang bisa hidup di darat dan air itu merupakan hewan pembawa sial. Mitosnya jika orang yang melihat dan menginjak kodok akan memiliki pasangan yang tidak cantik atau tidak tampan.

3.    Pembawa Keberuntungan

Setelah tadi disebut pembawa sial, ternyata ada juga orang yang percaya bahwa kodok bisa membawa keberuntungan. Kodok disebut bisa mendatangkan kemakmuran dan kekayaan. Sejumlah orang ada yang menyimpan patung kodok atau hiasan kodok di dalam rumah. Jadi jika ada kodok masuk ke rumah, penghuni rumah malah senang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"