Yuk Kenalan Sama Goliath, Kecebong Titan Raksana Seukuran Kaleng Soda!

Yuk Kenalan Sama Goliath, Kecebong Titan Raksana Seukuran Kaleng Soda!

Udah pernah lihat kecebong gengs? Itu loh yang item ada ekornya di kolam atau selokan-selokan. Berapa ukuran kecebong paling besar yang bisa kalian temukan?

Kecebong besar pernah ditemukan di alam liar lebih besar daripada sekaleng Cola. Kecebong ini juga terus tumbuh gengs. Sebesar apa coba kataknya kalau kecebongnya aja lebih gededari kaleng Cola.

Ahli biologi menemukan kecebong raksana di kolam dangkal di Arizona tenggara. Mereka sedang memindahkan katak Amerika invasif (Lithobates catesbeianus).

Kecebong raksana (Twitter @Afro_Herper)

Ketika seorang sukarelawan memeriksa sebuah kolam yang sebagian besar dikeringkan, dia menemukan seekor kecebong katak yang terlalu besar. Kecebong berwarna kecoklatan menggeliat dan dikira seekor ikan. Herpetologis Earyn McGee, seorang kandidat doktoral di Universitas Arizona dan seorang ilmuwan di SWRS menulis pengalamannya di Twitter.

McGee mengunggah foto-foto Goliath pada 13 Juni di Twitter, menghasilkan lebih dari 13.000 like dan menarik puluhan komentar penasaran. Kecebong ini kemudian dinamai Goliath.

Kalian juga pasti penasaran dengan kecebong yang sama besar dengan pisang raja!

Dia menjelaskan bahwa Goliath jelas jauh lebih besar daripada rata-rata kecebong katak Amerika, menunjukkan bahwa ukurannya yang tidak biasa kemungkinan karena "semacam ketidakseimbangan hormon."

Goliat berudu sebesar pisang (Twitter @Afro_Herper)

Para peneliti di SWRS mencurigai bahwa ketidakseimbangan ini kemungkinan akan mencegah Goliath untuk bermetamorfosis menjadi katak, dan mereka saat ini sedang menyelidiki apa yang mungkin menyebabkan kondisinya yang tidak biasa, McGee menulis.

McGee mengatakan dalam sebuah email bahwa penelitian sebelumnya menggambarkan kecebong yang sama-sama masif, tetapi Goliath adalah kecebong terbesar yang pernah dilihatnya secara langsung. Dan untuk kecebong yang sedang tumbuh, lebih besar belum tentu lebih baik, tambah McGee.

"Kelemahan dari ukuran Goliath adalah bahwa sistem pernapasan dan peredaran darahnya mungkin tidak terus mendukung ukuran tubuhnya saat ia terus tumbuh," katanya.

Kecebong titan (livescience.com)

Kodok Amerika adalah katak terbesar di Amerika Utara. Mereka tumbuh dengan panjang 8 inci (20 sentimeter) atau lebih, dan beratnya mencapai 1 pon (0,5 kilogram), sementara berudu biasanya tumbuh sekitar 6 inci (15 cm) panjangnya, menurut US Fish and Wildlife Service. FWS).

Katak tersebut asli dari negara bagian tengah dan timur, tetapi diperkenalkan di barat daya pada tahun 1900-an karena popularitas kaki katak yang luas sebagai makanan, dan sekarang dapat ditemukan di semua 48 negara bagian yang lebih rendah, menurut FWS.

Para peneliti di SWRS membawa Goliath kembali ke stasiun dan menempatkannya di tangki untuk pemeriksaan lebih dekat. Pengukuran yang tepat bersama dengan data tentang tingkat pertumbuhannya, kebiasaan makan dan perilaku dikumpulkan oleh para ilmuwan untuk studi peer-review, McGee menulis dalam tweet.

Berudu titan yang dikenal sebagai "Goliath" meninggal pada tahun 2019, menurut sebuah tweet yang ditulis pada 26 Mei 2020 oleh herpetologis Earyn McGee; dia memperkenalkan Twitter ke Goliath pada tahun 2018.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"