5 Kengerian Suku Dayak yang Bisa Bikin Pasukan Belanda Bertekuk Lutut

5 Kengerian Suku Dayak yang Bisa Bikin Pasukan Belanda Bertekuk Lutut

Ingatan kita soal Belanda di masa lalu adalah tentang pasukan yang kuat dan sulit dikalahkan. Belanda berhasil menjajah Nusantara selama 350 tahun. Masih menyisakan ingatan kelam masa lalu.

Belada terkenal hebat bukan hanya karena strateg perangnya yang memecah belah bangsa. Tapi juga karena mereka memiliki senjata yang modern dan bisa membunuh jarak jauh.

Keunggulan suku dayak (padangbulan.com)

Tapi tahu gak sih gengs, pasukan Belanda takut sama suku Dayak. Mereka menganggap kalau suku Dayak sangat mematikan. Bahkan serasa berperang melawan hantu.

Berikut ini keunggulan suku Dayak yang ditakuti Belanda:

1. Fisik yang sangat kuat dan terlatih

Emang sih orang Dayak gak dapat pelatihan khusus kayak tentara. Mereka gak kenal latihan militer. Tapi fisik mereka dilatih langsung sama alam dan lingkungan hidup. Suku Dayak terbiasa hidup di hutan dan lingkungan yang keras. Mereka secara alami kuat. Bisa berburu, mengendus dan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Suku Dayak juga cakatan, kuat berjalan, dan sergap secara alami.

Insting mereka juga sangat baik karena terbiasa hidup di alam liar.

2. Motivasi bertempur tinggi

Suku Dayak memiliki semangat juang dan perang yang tinggi. Mereka gak segan membunuh musuhnya dan mengkuti apapun perintah kepala. Apalagi melawan Belanda yang jelas-jelas niatnya gak baik dan bisa merusak rumah mereka.

Gak segan-segan lagi deh bertarung mempertaruhkan nyawa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"