4 Fungsi Penting Imajinasi Bagi Tumbuh Kembang Anak, Ayah Bunda Sudah Tahu?

4 Fungsi Penting Imajinasi Bagi Tumbuh Kembang Anak, Ayah Bunda Sudah Tahu?

Setiap penemuan yang kita rasakan manfaatnya saat ini adalah hasil dari imajinasi seseorang. Setiap kemajuan baru dalam sebuah adalah hasil daya cipta seseorang. 

Saat anak bermain dengan mainannya, seluruh dunia mereka berubah menjadi dimensi berbeda dalam imajinasi mereka. Tempat tidurnya berubah menjadi lautan luas, dan bantal-bantalnya menjadi sebuah kapal. Dalam imajinasi anak-anak, seprai menjadi benteng dan boneka beruang menjadi kuda yang kuat. 

Semua ini mungkin tampak seperti permainan anak-anak, namun percaya gak bahwa saat mereka bermain, mereka mengembangkan keterampilan sosial, perilaku, dan pengambilan keputusan?

Buat ayah bunda yang masih penasaran, berikut ini fungsi penting imajinasi bagi tumbuh kembang anak:

Fungsi penting imajinasi (schoolparenting.id)

1. Mengembangkan interaksi sosial dan perkembangan emosional

Kreativitas dan Imajinasi penting karena membantu perkembangan pribadi, sosial, dan emosional seorang anak. Ini membantu anak mengembangkan hubungan, kesadaran diri, dan kepercayaan diri, serta mengelola perasaan dan perilaku. 

Ketika anak-anak memainkan permainan bergiliran, misalnya, mereka belajar bagaimana bersikap adil dan bergiliran; mereka juga belajar kesabaran karena harus menunggu giliran. Keterampilan lain yang dipelajari melalui permainan kreatif adalah berbagi dengan teman, yang penting untuk menjalin hubungan yang bermakna.

2. Membantu dalam pengembangan keterampilan motorik



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"