28 Januari: Pesawat Ulang Alik Challenger Meledak, Ada Guru yang Jadi Korban

28 Januari: Pesawat Ulang Alik Challenger Meledak, Ada Guru yang Jadi Korban

Pesawat Ulang-alik Challenger Meledak

Tau nggak kalian sama pesawat ulang alik Challenger? Pesawat ini adalah milik NASA yang kedua setelah Columbia.

Pesawat ini pun udah menjalani misi sebanyak 9 kali. Sebelum akhirnya kecelakaan.

Dalam misi penerbangan Challenger STS-51-L itu, ada 7 astronot NASA yang berangkat. Salah satunya adalah Sharon Christa McAuliffe.

Pesawat Challenger (liputan6.com)

McAuliffe adalah guru asal Concord, Hampshire, Amerika Serikat. Ia berhasil nyingkirin 11 ribu pelamar program NASA Teacher in Space Project. Karena itu, ia terpilih jadi guru pertama yang berangkat ke luar angkasa.

McAuliffe bahkan cuti setaun dari kegiatan mengajar di sekolah. Ia ngejalanin pelatihan buat misi Teacher in Space Project pada 1986. Akhirnya gajinya sebagai guru diganti sama NASA.

Melansir Tirto.id, Program Teacher in Space Project dikenalkan sama Presiden Ronald Reagen untuk menarik minat siswa terhadap dunia luar angkasa. McAuliffe sendiri juga sering diundang jadi tamu di acara-acara televisi. Akhirnya popularitas misi ulang alik Challenger disambut dengan hangat sama masyarakat.

Kronologi Pesawat Ulang Alik Challenger Meledak

Kronologi Pesawat Ulang Alik Challenger Meledak Christa McAuliffe (wikipedia.org)

Pada 28 Januari 1986, Challenger dijadwalkan buat meluncur. Saat itu, Florida yang jadi wilayah peluncurannya dilanda musim dingin hebat.

Sekitar pukul setengah 12 siang, pesawat Challenger STS-51-L akhirnya lepas landas. Saat itu, keanehan mulai kelihatan. Muncul kepulan asap helap dari roket pendorong bagian kanan. 

Sekitar 37 detik, Challenger mulai bergeser jauh dari lintasan utama. Kemudian di detik ke 58, percikan api mulai muncul dari roket pendorong.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"