24 Februari: Perjanjian Yandaboo Ditandatangani, Simak Fakta-faktanya!

24 Februari: Perjanjian Yandaboo Ditandatangani, Simak Fakta-faktanya!

Taukah kalian sama perjanjian Yandaboo? Ini adalah perjanjian antara Hindia Timur Britania dan Burma. Perjanjian Yandaboo ditandatangani pada 24 Februari 1926. 

Dengan adanya perjanjian ini, Perang Burma Pertama sudah berakhir. Berdasarkan isi perjanjian, Britania ambil jajahan bekas kerajaan Arakan dan bekas wilayah Siam di Ye, Tavoy dan Mergui.

Kemudian, ada hukuman secara finansial untuk kerajaan Burma pada perjanjian ini. Burma kudu menerima hadirnya Britania di ibu kota mereka.

Perjanjian Yandaboo (wikimedia.org)

Perjanjian Yandaboo mengharuskan Burma untuk menyerahkan British Assam, Manipur, Rakhine (Arakan), dan Taninthayi (Tenasserim) pantai di selatan Sungai Salween; menghentikan British Assam, Manipur, Rakhine (Arakan), dan Taninthayi (Tenasserim) pantai di selatan Sungai Salween; membayar ganti rugi satu juta pound sterling dalam empat kali cicilan; mengijinkan pertukaran perwakilan diplomatik antara Ava dan Calcutta; serta menandatangani perjanjian komersial pada waktunya.

Perjanjian Yandaboo (lostfootsteps.org)

Perjanjian ini pun mengakhiri perang besar. Sekitar 15 ribu orang Eropa dan India meninggal dalam perang. Jumlah itu termasuk orang-orang Burma yang nggak diketahui secara pasti jumlahnya, namun cukup banyak.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"