10 Januari: Surveyor 7 AS Mendarat di Bulan, Berikut Fakta-faktanya!

10 Januari: Surveyor 7 AS Mendarat di Bulan, Berikut Fakta-faktanya!

Surveyor 7 AS Mendarat di Bulan

Taukah kalian soal Surveyor 7? Ini adalah sebuah program pendaratan ke Bulan. Nah, Surveyor 7 diluncurkan pada 7 januari 1968. 

Lalu, berhasil mendarat pada 10 Januari 1968 di roket Atlas-Centaur. Sebenernya, Surveyor 7 ini adalah pendaratan ke tujuh dalam Surveyor Series yang berhasil mendarat ke bulan.

Surveyor 7 (wikipedia.org)

Program pendaratan ini udah dimulai sejak 1966 dan berakhir pada 1968 dengan Surveyor 7 sebagai yang terakhir. Berat pesawat ulang aliknya mencapai 280 kilo gram. Pesawatnya meluncur dari Cape Canaveral dan mendarat sukses 3 hari kemudian de dekat tepi luar kawah Tycho, belahan selatan bulan. 

Pada saat misi ini dilakukan, ada banyak banget foto yang dikirim ke bumi. Banyaknya sekitar 21.091.

pendaratan di bulan (nasa.gov)

Harapannya, pendaratan Surveyor 7 ini bisa mempelajari secara lebih soal permukaan bulan. Selain itu, juga bisa membantu pendaratan manusia di bulan pada masa yang akan datang.

Surveyor 7 mampu menjelajah wilayah yang berbeda di Bulan daripada Surveyor yang sebelum-sebelumnya. Pesawat ini pun bisa mengirim gambar wilayah dan menganalisa komposisi tanah di bulan.

Pesawat ulang aliknya bertahan kira-kira 14 hari atau 1 malam di bulan. Akan tetapi, ada kerusakan pada baterainya. Inilah yang jadi masalah pada malam kedua di bulan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"