Sering Jadi Taburan di Kuliner Korea, Berikut 9 Manfaat Super Biji Wijen untuk Tubuh

Sering Jadi Taburan di Kuliner Korea, Berikut 9 Manfaat Super Biji Wijen untuk Tubuh

Biji wijen adalah biji kecil kaya minyak yang tumbuh di polong tanaman Sesamum indicum. Mereka telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Biji ini juga banyak banget jadi taburan pelengkap di banyak sekali kuliner Korea.

Biji yang tidak dikuliti mempunyai kulit bagian luar yang dapat dimakan, sedangkan biji yang dikuliti tidak memiliki kulitnya.

Kulitnya memberi warna coklat keemasan pada bijinya. Biji yang dikuliti berwarna putih pucat tetapi berubah menjadi coklat saat dipanggang. Buat yang belum tahu, berikut ini 15 manfaat biji wijen untuk tubuh:

1. Sumber Serat yang Baik

Taburan biji wijen di makanan Korea (reddoorz.com)

Tiga sendok makan (30 gram) biji wijen yang tidak dikupas menyediakan 3,5 gram serat, yaitu 12% dari Referensi Asupan Harian.

2. Dapat Menurunkan Kolesterol dan Trigliserida

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi biji wijen secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dan trigliserida yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

3. Sumber Protein Nabati

Untuk memaksimalkan ketersediaan protein, pilihlah biji wijen yang sudah dikupas dan dipanggang. Proses penggilingan dan pemanggangan mengurangi oksalat dan fitat, senyawa yang menghambat pencernaan dan penyerapan protein.

4. Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Biji wijen kaya akan magnesium, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

5. Dapat Mendukung Kesehatan Tulang



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"