Sering Diabaikan, Ini 5 Bahaya Mengeringkan Wajah dengan Handuk

Sering Diabaikan, Ini 5 Bahaya Mengeringkan Wajah dengan Handuk

Ladies, kamu pasti berpikir bahwa dudukan toilet alias closet menjadi barang yang paling banyak mengandung bakteri di rumahmu. Eits, ternyata kamu salah! Faktanya, handukmu justru jadi barang yang paling banyak mengandung bakteri. Apalagi kalau kamu menggunakannya untuk menyeka wajah, itu akan merugikan kulit wajahmu, lho!

Meski mengeringkan wajah dengan handuk menjadi hal yang lumrah, tapi pada kenyataannya, kebiasaan itu bisa jadi hal yang berbahaya jika tak segera dihentikan.

Kalau masih nggak percaya, berikut beberapa efek pada kulit yang terjadi jika kamu menyeka wajah dengan handuk, seperti dilansir dari Bright Side, Rabu (5/1/2022).

 

1. Menyebabkan Jerawat

Mengeringkan wajah dengan handuk yang sama dengan yang kamu gunakan untuk mengeringkan tubuh bisa merusak kulit lebih dari yang kamu kira. Sebab, handuk adalah perangkap bakteri yang hebat. Banyak dari kamu bahkan menyimpannya di kamar mandi, di mana udaranya lembab dan handuk menciptakan lingkungan yang sempurna bagi bakteri untuk tubuh.

Saat kamu menggosok handuk di wajah, maka kamu akan memindahkan semua bakteri ini langsung ke kulitmu, yang pada akhirnya bisa menyebabkan jerawat dan pori-pori tersumbat.

Kendati demikian, menggunakan handuk terpisah untuk wajah dan untuk mengeringkan tubuh juga tidak dianjurkan. Sebab, kemungkinan besar kamu juga tidak mencucinya setiap hari. Bakteri yang tidak diinginkan masih bisa masuk ke kulitmu.

Ilustrasi Kulit Berjerawat (Pinterest)

2. Kulit Menua Lebih Cepat

Handuk mandi dari kain terry terlalu kasar di wajahmu dan menggunakannya bisa membuat robekan kecil di kulitmu sehingga membuatnya rentan terhadap infeksi dan kerutan. 

Semakin sering kamu mencuci handuk, semakin rapuh kainnya dan gesekan yang ditimbulkannya bertindak sebagai pengelupas yang terlalu banyak untuk kulitmu. Jadi, sebaiknya gunakan kain bersih yang lembut atau tisu khusus wajah untuk mengelap wajahmu.

3. Menurunkan Khasiat Produk Perawatan Kulit

Meski mengeringkan wajah setelah dicuci tampak menjadi hal wajar untuk dilakukan. Pada kenyataannya, hal itu tidak akan membuat kulitmu mendapatkan hasil maksimal dari produk yang kamu aplikasikan. Pelembabmu justru akan menembus kulit dengan lebih baik sebelum semua air menguap dari permukaannya. Alias saat kulit wajah nggak kering-kering banget.

Tidak mengeringkan wajah dengan handuk justru akan memungkinkan produk perawatan kulitmu mengunci kelembapan yang dibuthkan kulitmu agar terlihat awet muda dan bercahaya.

4. Mengiritasi Kulit

Jika kamu memiliki kulit sensitif, menggunakan handuk bukanlah pilihan terbaik untuk mengeringkan wajah. Karena sebagian besar kain handuk bisa terlalu keras pada kulit, menyeka wajahmu dengan handuk malah bisa menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"