Sebuah Temuan Baru Ungkap Potensi Manfaat Yogurt pada Kesehatan Otak

Sebuah Temuan Baru Ungkap Potensi Manfaat Yogurt pada Kesehatan Otak

Makanan sehat, tentu memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya enak dan mudah di dapat, makanan sehat memiliki banyak kandungan yang tentu saja tidak dimiliki makakan cepat saji.

Sejumlah makanan sehat diketahui mengandung probiotik atau kultur bakteri hidup yang bermanfaat bagi saluran pencernaan. Dua jenis mikroorganisme hidup, yakni Lactobacillus atau Streptococcus, ditambahkan ke dalam susu pasteurisasi untuk membuat yogurt, menjadikannya salah satu makanan fermentasi kaya probiotik yang paling populer.

Nggak cuma bermanfaat untuk saluran pencernaan, yogurt dan makanan mengandung probiotik lainnya juga bisa berefek baik pada kesehatan otak.

Potensi Manfaat Yogurt pada Kesehatan Otak (KlikDokter)

Dilansir dari Eat This, Jumat (27/8/2021), Para peneliti dari University College Cork di Irlandia memutuskan untuk mengeksplorasi apakah hubungan saluran pencernaan yang baik ini dapat berdampak pada otak yang menua.

Peneliti transplantasi mikrobiota tinja (menggunakan bakteri usus "baik") dari tikus muda (3 sampai 4 bulan) atau tua (19 sampai 20 bulan) ke tikus tua.

Setelah melakukan pemindaian dan tes otak (seperti labirin hewan pengerat klasik), penulis menemukan bahwa tikus yang menerima mikrobioma "remaja" menunjukkan lebih sedikit tanda-tanda kecemasan (gejala klasik penyakit Alzheimer) bersama dengan peningkatan memori dan fungsi kognitif.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"