Mengenal Apa Itu Terapi Hutan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal Apa Itu Terapi Hutan dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Terinspirasi oleh praktik shinrin-yoku, atau “mandi hutan” di Jepang, terapi hutan adalah praktik penyembuhan luar ruangan yang dipandu ahli. 

Berbeda dengan pendakian atau jalan-jalan alam berpemandu yang bertujuan untuk mengidentifikasi pohon atau burung, terapi hutan bergantung pada pemandu terlatih, yang sengaja mengatur kecepatan lambat dan mengajak orang untuk merasakan kenikmatan alam melalui seluruh indranya. 

Hal ini mendorong orang untuk menikmati sensasi hidup dan memperoleh manfaat besar dari hubungan antara dirinya dan alam.

Terapi mandi hutan ala Jepang (idntimes.com)

Shinrin-yoku dimulai di Jepang pada tahun 1980an sebagai respons terhadap krisis kesehatan nasional. Para pemimpin di Jepang menyadari adanya lonjakan penyakit yang berhubungan dengan stres, yang disebabkan oleh orang-orang yang menghabiskan lebih banyak waktu bekerja di bidang teknologi dan pekerjaan industri lainnya. 

Penelitian selama puluhan tahun menunjukkan bahwa mandi di hutan dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan perhatian, meningkatkan kekebalan tubuh, dan meningkatkan suasana hati.

Manfaat Terapi Hutan Bagi Tubuh



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"