Mencegah Kanker dan Menurunkan Risiko Penyakit Jantung, Berikut Ragam Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Mencegah Kanker dan Menurunkan Risiko Penyakit Jantung, Berikut Ragam Manfaat Kunyit untuk Kesehatan

Siapa yang tak kenal kunyit? Kunyit merupakan salah satu rempah yang tenar dalam dunia pengobatan herbal sejak zaman dulu. Sebab, kunyit dipercaya punya banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah menurunkan risiko penyakit jantung. 

Umumnya, kunyit dimanfaatkan sebagai bumbu masak. Namun, ada pula yang mengolah kunyit menjadi jamu yang lezat dan segar untuk diminum kapan saja. Fakta lainnya, kunyit juga banyak digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa penyakit. 

Dikutip dari Cleveland Clinic, khasiat kunyit terletak pada kurkumin. Sebagai informasi, kurkumin memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. 

Melansir dari Medical News Today, berdasarkan data dari United State Departement of Agriculture (USDA), satu sendok makan bubuk kunyit mengandung: 

29 kalori 

O,91 gram protein 

0,31 gram lemak 

6,31 gram karbohidrat 

2,1 gram serat 

0,3 gram gula

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan (KlikDokter)

Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh:

1. Mengurangi Peradangan

Kunyit baik dikonsumsi oleh penderita peradangan kronis. Hasil penelitian pada pasien dengan kolitis ulserativa, mereka yang mengonsumsi 2 gram kurkumin per hari bersama dengan resep obat, kondisinya merasa lebih baik dibandingkan dengan mereka yang hanya minum obat saja. 

2. Meningkatkan Memori 

Uji klinis lainnya membuktikan bahwa 90 miliram kurkumin yang diminum dua kali sehari selama 18 bulan bisa meningkatkan kinerja memori pada orang dewasa tanpa demensia. 

"Para peneliti berpikir bahwa pengurangan peradangan otak dan sifat antioksidan kurkumin menyebabkan penurunan neurokognisi, yang merupakan kemampuan untuk berpikir dan bernalar," kata Nicole Hopsecger RD, Ahli Diet. 

Kurkumin juga memiliki peran dalam mencegah perkembangan penyakit Alzheimer. Namun, masih dibutuhkan banyak penelitian untuk membuktikannya. 

3. Mengurangi Rasa Sakit 

Penelitian menunjukkan mengonsumsi ekstrak kunyit berpotensi mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis. Namun penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk membuktikan hal ini. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"