Kandungan Kimia Dalam Deodoran yang Ternyata Bisa Bahaya Buat Kesehatan

Kandungan Kimia Dalam Deodoran yang Ternyata Bisa Bahaya Buat Kesehatan

Deodoran emang ampuh banget untuk mengatasi bau bada. Kayaknya juga aman digunakan kapan aja. Tapi kenyataannya deodoran bisa menganggu kesehatan.

Bahan kimia yang ada pada deodoran bisa dserap oleh sel tubuh dan tersimpan di sel lemak gengs. Padahal ketiak kita punya jaringan hormon yang kompleks. Bisa juga bereaksi pada bahan kimia deodoran.

Dikutip dari Kompas.com, Profesor biologi di North Carolina State University, Heather Patisau, menjelaskan kalau beberapa senyawa dalam deodoran bisa mengganggu fungsi hormon reproduksi dan perkembangan tubuh.

Bahaya pakai deodoran (themanual.com)

Melansir laman Penn Medicine, ini beberapa bahan yang berbahaya dalam deodoran:

1. Paraben

Paraben biasanya digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, dan ragi. Paraben bisa diserap oleh kulit dan menganggu fungsi hormon. Bisa meningkatkan fungsi hormon estrogen, hormon wanita yang penting untuk perkembangan seksual, kesehatan payudara, dan fungsi tubuh lainnya.

Tapi belum ditemukan kaitan deodoran dengan kanker payudara. Paraben yang menyebabkan mutasi bisa berpengaruh pada janin. Jadi buat ibu hamil hidarai penggunaan produk dengan banyak bahan kimia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"