Gini Lho Pertolongan Pertama Saat Kaki Kamu Kram

Gini Lho Pertolongan Pertama Saat Kaki Kamu Kram

Siapa yang pernah ngerasain kram kaki? Duh, rasanya di awal tuh super nyeri, otot kayak ketarik, kaki pun jadi kaku dan susah digerakin. Auto panik! Biasanya, kram tuh disebabkan karena olahraga, dehidrasi, hamil, kedinginan, atau karena ada gangguan sirkulasi darah di kaki. 

Beberapa orang pernah nih ngalamin kram kaki pas lagi tidur. Parahnya, rasa ketarik itu bisa bertahan lama bikin nggak bisa jalan seharian atau lebih. 

Nah, biar paniknya nggak kelamaan dan kamu bisa menyelamatkan diri ketika kram, coba ingat pertolongan pertamanya berikut ini ya~ 

Kram kaki (health.harvard.edu)

Hentikan aktivitas dan lakukan peregangan

Waktu ngerasa kram, segera hentikan aktivitasmu. Kalau lagi olahraga, jalan, atau posisi berdiri, segera duduk dan meluruskan kaki. Biasanya kram makin berasa kalau lagi berdiri, jadi sebaiknya langsung cari tempat buat duduk ya. 

Sambil duduk manis, coba lakukan sedikit peregangan. Kamu bisa pijat perlahan buat meregangkan otot di betis. Kalau kram ringan, biasanya didiemin dan istirahat sebentar juga hilang kok. 

Cara ngeceknya, kamu bisa bangun dan coba jalan-jalan. Kalau emang udah oke, pasti udah bisa jalan dengan normal lagi kayak biasanya. 

Kram kaki (health.harvard.edu)

Kompres hangat 

Kalau masih berasa nggak nyaman, coba deh kompres kaki kamu dengan handuk hangat. Diemin aja handuknya di kaki kamu biar berasa lagi dipijat. Kalau punya bantal panas lebih baik tuh. Kalau udah agak dingin, kamu bisa panasin lagi kompresannya ya! 

Minum air putih

Jangan lupa minum air putih ya! Soalnya bisa aja kamu kram gara-gara dehidrasi dan pastinya minum bisa bikin tubuh kamu jadi terhidrasi lagi dengan sempurna. Emang sih minum air putih nggak bikin rasa sakitnya langsung hilang, tapi bisa bikin kamu lebih nyaman. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"