Cara Turunkan LDL atau Kolesterol Jahat dalam Darah

Cara Turunkan LDL atau Kolesterol Jahat dalam Darah

LDL atau "kolesterol jahat" yang terlalu tinggi berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan penumpukan plak di arteri. Makanan dengan jumlah lemak jenuh yang tinggi (seperti susu penuh lemak dan daging merah) dapat meningkatkan LDL kita. 

Bagi kebanyakan orang, kadar LDL normal adalah di bawah 100 mg/dL. Untuk memiliki kadar LDL normal, kamu perlua menjaga pola makan yang sehat untuk jantung, olahraga, dan berhenti merokok.

# Bahaya Kolesterol LDL yang Terlalu Tinggi

# Bahaya Kolesterol LDL yang Terlalu Tinggi

LDL adalah singkatan dari lowdensity lipoprotein (lipoprotein densitas rendah). Ini adalah jenis lipoprotein yang ditemukan dalam darah.

Lipoprotein adalah partikel yang terbuat dari lipid (lemak) dan protein yang membawa lemak melalui aliran darah. Lemak, karena strukturnya, tidak dapat bergerak sendiri melalui darah. Jadi, lipoprotein berfungsi sebagai kendaraan yang membawa lemak ke berbagai sel di tubuh kita. Partikel LDL mengandung sejumlah besar kolesterol dan sejumlah kecil protein.

Kolesterol LDL sebenarnya tidak buruk. Itu karena kolesterol melakukan fungsi penting dalam tubuhmu. Namun, bila kamu memiliki terlalu banyak kolesterol LDL, saat itulah kamu bisa mengalami masalah.

Kelebihan kolesterol LDL berkontribusi terhadap penumpukan plak (aterosklerosis) di arteri. Penumpukan plak ini dapat menyebabkan:

1. Penyakit arteri koroner.

2. Penyakit serebrovaskular.

3. Penyakit arteri perifer.

4. Aneurisma aorta.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"