Antara Margarin atau Mentega, Mana yang Lebih Sehat?

Antara Margarin atau Mentega, Mana yang Lebih Sehat?

Margarin merupakan campuran minyak yang sebagian besar merupakan lemak tak jenuh. Mentega terbuat dari krim atau susu. Jenis lemak yang terdapat pada produk hewani, seperti krim, sebagian besar adalah lemak jenuh.

Mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Lemak dalam minyak nabati menurunkan kolesterol total dan kolesterol lipoprotein densitas rendah, atau kolesterol "jahat", bila menggantikan lemak jenuh. Temuan ini sangat kuat pada minyak yang sebagian besar terbuat dari lemak tak jenuh ganda, seperti minyak kedelai.

Tak Semua Margarin Baik untuk Kesehatan Jantung

Butter atau mentega mengandung lemak jenuh (kompas.com)

Margarin yang dijual di luar Amerika Serikat mungkin mengandung lemak trans. Lemak ini meningkatkan risiko penyakit jantung. Margarin yang dijual di AS tidak diperbolehkan mengandung lemak trans tambahan.

Tergantung pada minyak dan resepnya, margarin memiliki jumlah lemak jenuh, garam, dan vitamin yang berbeda-beda. Semakin padat margarinnya, semakin banyak lemak jenuhnya. Margarin batangan seringkali memiliki lebih banyak lemak jenuh dibandingkan margarin tub. Jadi pilihlah margarin lunak atau cair sebagai gantinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"