7 Cara Alami untuk Mengatasi Ketombe Membandel, Gak Pakai Ribet dan Aman Tentunya!

7 Cara Alami untuk Mengatasi Ketombe Membandel, Gak Pakai Ribet dan Aman Tentunya!

Ketombe tentu tak hanya mengganggu penampilan, tapi bikin kita gak nyaman karena kulit kepala jadi terasa  kotor, kering, dan gatal. Padahal sudah dikeramasin.

Ketombe ditandai dengan kulit kepala yang gatal dan mengelupas. Penyebab utama ketombe sendiri yaitu kulit kering, dermatitis seboroik, kepekaan terhadap produk rambut, dan pertumbuhan jenis jamur tertentu yang hidup di kulit kepala.

Hii jijiiiik~

Nah, supaya kamu gak malu dan terganggu lagi sama masalah ketombe. Berikut ini ada 9 cara alami mengatasi ketombe yang bisa kamu praktikkan. Simak yuk!

1. Gunakan Minyak Kelapa

Minyak Kelapa Bisa Atasi Ketombe (lifestyle.okezone.com)

Minyak kelapa dapat membantu menghidrasi kulit dan mencegah kekeringan yang dapat memperburuk ketombe.

Sebuah penelitian kecil terhadap 34 orang menunjukkan bahwa minyak kelapa sama efektifnya dengan minyak mineral dalam meningkatkan hidrasi kulit.

2. Coba Pakai Tea Tree Oil

Minyak pohon teh terbukti memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi yang kuat, yang dapat membantu meringankan gejala ketombe. Menurut sebuah ulasan, minyak pohon teh efektif melawan strain spesifik jamur yang dapat menyebabkan dermatitis seboroik dan ketombe.

3. Kurangi Stress

Stress sebenarnya tidak secara langsung  menyebabkan ketombe. Tapi sayangnya, stres dapat memperburuk gejala seperti kekeringan dan gatal-gatal. Jadi, kurang-kurangi deh stressnya.

4. Cuka Apel

Keasaman pada cuka dipercaya dapat membantu menstimulasi pengelupasan sel kulit mati di kulit kepala.

Cuka sari apel juga dapat menyeimbangkan pH kulit untuk mengurangi pertumbuhan jamur dan melawan ketombe.

Cara penggunaannya: tambahkan beberapa sendok makan cuka apel ke sampomu atau gabungkan dengan minyak esensial lainnya dan semprotkan langsung ke rambut.

5. Lidah Buaya



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"