5 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan Tubuh, Mulai dari Mengurangi Risiko Depresi Hingga Bikin Kulit Lebih Sehat

5 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan Tubuh, Mulai dari Mengurangi Risiko Depresi Hingga Bikin Kulit Lebih Sehat

Mungkin kamu pernah mendengar lelucon tentang bangun pagi dan rejeki dipatok ayam. Katanya, barang siapa yang malas bangun pagi, rejekinya bakalan seret karena udah dipatok ayam duluan. Mitos bukan, tuh?

Nah, sebenarnya rejeki ini nggak melulu soal uang lho, Gengs. Umur panjang dan kesehatan juga merupakan rejeki dari Tuhan yang tiada tara. Dengan bangun pagi, sebenarnya akan ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memberi Waktu Pada Tubuh untuk Bangun

Dilansir dari Business Insider, Senin (4/10/2021) studi menunjukkan bahwa sleep inertia atau jangka waktu antara otak yang masih dalam fase tidur dan kesadaran penuh akan berlangsung selama 2-4 jam.

Makanya, bangun lebih awal dapat membantu kita mencapai kesadaran setelah bangun tidur secara alami. Jadi kita enggak perlu sampai mengonsumsi kafein agar lebih melek. Terlalu banyak kafein juga berisiko untuk kesehatan yang lain, lho.

Ilustrasi Bangun Pagi (KlikDokter)

2. Mengurangi Risiko Depresi

Dengan bangun lebih pagi, kita juga dapat mengurangi risiko depresi, nih Gengs.

Pasalnya, memiliki tidur yang cukup dan bangun pagi membuat kita memiliki lebih banyak waktu untuk menyiapkan diri sebelum memulai aktivitas harian.

Kita dapat mengurangi potensi kelelahan yang dapat memicu stres, kecemasan, dan gangguan mood. Pasti mood kamu ketika bangun pagi dan siang bakalan beda. Dijamin!

3. Kulit Lebih Sehat

Setelah tidur nyenyak semalaman, kulit kita berada dalam kondisi terbaiknya di pagi hari. Makanya, saat bangun pagi, kita memiliki waktu untuk melakukan perawatan ekstra bagi kulit.

Kita bisa lebih fokus melakukan kegiatan seperti menghidrasi tubuh dan berolahraga yang menambah asupan oksigen bagi darah sehingga membuat kulit lebih sehat.

Selain itu, bangun pagi juga berarti kita punya lebih banyak waktu untuk eksfoliasi, melembapkan, dan membersihkan kulit.

4. Konsentrasi Lebih Baik

Konsentrasi kita rupanya bekerja lebih baik di pagi hari, lho. Kita juga lebih awas dan cepat tanggap saat bangun di pagi hari.

Selain itu, kita memulai kegiatan sesuai waktu kalau bangun pagi sehingga konsentrasi kita nggak terpecah akibat terburu-buru.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"