Tidak diragukan lagi bahwa blogger kecantikan (beauty blogger) YouTube memiliki beberapa pengikut yang sangat besar. Mereka memanfaatkan kekuatan video untuk menyajikan tutorial makeup hingga membeberkan review produk.
Untuk itu platform YouTube telah menjadi tempat yang sangat penting bagi merek makeup terbesar untuk mempromosikan dan memasarkan produk mereka. Yang paling kita kenal tentu saja endorsement ke beberapa beauty blogger.
Agaknya promosi ini akan semakin digencarkan dengan fitur baru yang disematkan Google untuk YouTube. Fitur tersebut adalah fitur AR Beauty Try-On Google. Melaluinya, kalian yang sedang menonton video tutorial atau review makeup dari para beauty blogger tersebut bisa mencoba riasan secara virtual.
Alat ini membagi layar menjadi dua bagian. Bagian yang berada di bawah adalah layar yang berfungsi sebagai cermin dan layar lainnya akan memutar konten YouTube di bagian atas. Karena berfungsi sebagai cermin maka fitur ini memanfaatkan kamera yang menghadap ke depan untuk menangkap wajah kalian dan menerapkan filter AR.
Dari sini kalian akan mendapatkan beberapa sampel riasan virtual untuk di layar bawah untuk dicoba. Dengan bantuan machine learning, alat ini bekerja pada beragam warna kulit, dan Google telah memeragakan alat tersebut dengan beberapa merek kecantikan. Dalam uji coba itu, ditemukan bahwa 30 persen penonton mengaktifkan pengalaman AR di aplikasi iOS YouTube dan menghabiskan rata-rata 80 detik untuk mencoba lipstik virtual.
Meskipun alat ini masih dalam tahap alfa, kalian dapat menemukannya melalui FameBit, platform konten bermerek Google. Sedengkan merek kosmetik yang telah masuk dalam palet AR Beauty Try-On adalah MAC Cosmetics. Dengan banyaknya blogger kecantikan yang berlomba mencari perhatian di YouTube, kemungkinan lebih banyak merek dan influencer akan mengikuti.